• May 18, 2022 2:51 am

Tentara Israel Bunuh Warga Palestina yang Lempar Bom Molotov

TENTARA Israel membunuh seorang warga Palestina di Tepi Barat yang diduduki, Minggu (6/3), setelah dia menyerang pasukan dengan bom molotov. Ini terjadi menyusul penembakan polisi sebelumnya terhadap seorang remaja Palestina.

“Tentara Israel bertindak untuk menghentikan serangan dengan menembaki salah satu tersangka di dekat Abu Dis, timur Jerusalem,” kata pernyataan militer. “Tersangka dipukul dan kemudian meninggal karena luka-lukanya.”

Dikatakan tersangka lain berhasil melarikan diri. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan Yamen Jafal yang berusia 16 tahun ditembak mati oleh pasukan pendudukan.

Sembilan warga Palestina lain tewas sejak 8 Februari di Tepi Barat. Serangan-serangan warga Palestina terhadap pasukan keamanan Israel, termasuk penusukan yang dilakukan oleh satu per satu pelaku, sering terjadi di Jerusalem dan Tepi Barat.

Tepat sebelum fajar pada Minggu, polisi Israel menembak mati seorang remaja Palestina setelah dia menikam dan melukai seorang petugas di Kota Tua Jerusalem, menurut polisi. Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi dia sebagai Karim Jamal al-Qawasmi.

“Pelaku berusia 19 tahun mendekati sejumlah petugas kepolisian yang ditempatkan di Gerbang Bab Huta di Kota Tua Jerusalem, mengeluarkan pisau dan menikam salah satu dari mereka,” kata pernyataan polisi Israel. Penyerang ditembak dan kemudian dinyatakan bersalah serta tewas di tempat oleh petugas medis.

Kota Tua berada di bagian timur Jerusalem yang dicaplok Israel menjadi klaim orang Palestina sebagai ibu kota negara masa depan mereka. Pada 22 Februari, tentara Israel mengatakan pasukan menembak seorang tersangka Palestina di Al-Khader, di daerah Bethlehem. 

Ia termasuk di antara tiga tersangka yang melempar bom molotov ke pengemudi yang lewat dan membahayakan nyawa mereka. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan seorang anak berusia 14 tahun tewas.

Selasa lalu, pasukan Israel membunuh dua warga Palestina setelah diserang dalam serangan penangkapan di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat utara, menurut polisi perbatasan Israel dan otoritas kesehatan Palestina. Seorang warga Palestina lain tewas dalam insiden terpisah hari itu.

Pada 8 Februari, pasukan Israel membunuh tiga warga Palestina dalam serangan siang hari terhadap kelompok yang Israel gambarkan sebagai sel teroris. Ini meninggalkan satu kendaraan di kota Nablus Tepi Barat yang penuh dengan lubang peluru. Dua remaja tewas oleh tembakan Israel dalam insiden lain pada awal Februari.

Israel merebut Tepi Barat dari Yordania dalam Perang Enam Hari pada 1967. Sejak itu, sekitar 475.000 pemukim Yahudi telah pindah ke wilayah itu tinggal di komunitas yang dianggap ilegal menurut hukum internasional bersama hampir 2,9 juta orang Palestina.

Baca juga: 8.700 Perintah Penahanan Administratif Israel terhadap Aktivis Palestina sejak 2015

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett ialah mantan kepala dewan lobi pemukim yang menentang kenegaraan Palestina.

Dia telah mengesampingkan setiap pembicaraan damai formal dengan Palestina selama masa jabatannya, tetapi mengatakan dia akan bekerja untuk meningkatkan kondisi ekonomi di Tepi Barat, daerah kendali Otoritas Palestina. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Tentara Israel Bunuh Warga Palestina yang Lempar Bom Molotov

Leave a Reply

Your email address will not be published.