• May 19, 2022 4:47 pm

Pasukan Invasi Rusia Rebut PLTN Ukraina

ByRedaksi PAKAR

Aug 19, 2016

PASUKAN Rusia menguasai pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa pada Jumat (4/3/2022) setelah pertempuran dengan pasukan Ukraina yang menyebabkan kebakaran dan kekhawatiran akan kecelakaan besar.

Regulator nuklir Ukraina mengatakan bahwa api telah padam dan tidak ada kebocoran radiasi yang terdeteksi dengan staf situs masih dapat bekerja di situs Zaporizhzhia.

Baca juga: Zelenskyy Minta Putin untuk Lakukan Pembicaraan Langsung

“Situs PLTN Zaporizhzhia telah direbut oleh pasukan militer Federasi Rusia,” kata Inspektorat Pengaturan Nuklir Negara Ukraina dalam sebuah pernyataan.

“Api dipadamkan oleh unit Layanan Darurat Negara Ukraina. Informasi tentang korban tewas dan luka tidak ada,” katanya.

Sebelumnya, pertempuran meletus antara pasukan invasi Rusia yang mendorong ke arah kota Zaporizhzhia dan pembela Ukraina, yang menyebabkan kebakaran di PLTN dan kekhawatiran global.

Pembangkit listrik terletak di selatan Ukraina di sungai Dnipro dan menghasilkan seperlima dari listrik Ukraina.

Dari enam reaktor di Zaporizhzhia, kata badan tersebut, satu sedang beroperasi dan menghasilkan daya, satu telah dimatikan dan empat sedang didinginkan untuk mencegah panas berlebih.

Namun, regulator tidak mengatakan status masing-masing reaktor sebelum kebakaran. Inspeksi di lokasi sedang dilakukan oleh staf Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Moskow menggunakan “teror nuklir” dengan mempertaruhkan terulangnya bencana Chernobyl dan meminta para pemimpin dunia untuk mendukung Kiev.

“Tidak ada negara selain Rusia yang pernah menembaki unit tenaga nuklir,” katanya dalam pesan video yang dirilis oleh kantornya.

“Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah kita. Dalam sejarah umat manusia. Negara teroris sekarang menggunakan teror nuklir,” ucapnya.

Baca juga: Dorong Perdamaian, Utusan ASEAN akan Kunjungi Myanmar

Zelensky menuduh bahwa pasukan Rusia dengan sengaja menembaki fasilitas nuklir tersebut.

Fasilitas nuklir Ukraina telah menjadi perhatian utama sejak militer Rusia menginvasi negara itu pekan lalu dan mulai membombardir kota-kota dengan peluru dan rudal. (AFP/Nur/A-3)


Sumber: Media Indonesia | Pasukan Invasi Rusia Rebut PLTN Ukraina

Leave a Reply

Your email address will not be published.