• April 19, 2024 11:24 am

Pembunuhan Kolonel IRGC, Pesan Israel terkait Suriah dan Perjanjian Nuklir?

SEKITAR pukul 16.00 waktu setempat pada Minggu (22/5), Sayad Khodai, seorang kolonel dari Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC), sedang memarkir mobilnya di luar rumahnya. Ketika itu dua pria dengan sepeda motor mendekat dan melepaskan tembakan yang membunuhnya.

IRGC mengidentifikasi Khodai hanya sebagai pembela tempat yang disucikan. Ini dikaitkan dengan mereka yang pergi ke Suriah dan memerangi kelompok ISIS yang mengancam tempat-tempat suci Syiah.

Dilansir Middle East Eye (MEE), Sabreen News, yang dekat dengan IRGC, menggambarkan Khodai sebagai anggota pasukan elite Quds, Garda Revolusi, cabang luar negeri IRGC. Seorang juru bicara angkatan bersenjata Iran, Jenderal Abolfazl Shekarchi, menuduh AS dan Israel berada di balik pembunuhan itu. Ia menyebut mereka, “Pusat perencanaan dan pembuatan kebijakan untuk tindakan teroris di dunia.”

Presiden Iran Ibrahim Raisi menyesali kematian Khodai, menyalahkan, “Tangan arogansi global,” atas pembunuhannya dan bersumpah akan membalas dendam. “Saya berkeras pada pengejaran serius (para pembunuh) oleh pejabat keamanan dan saya tidak ragu bahwa darah martir besar ini akan dibalaskan,” kata Raisi.

Abdullah Ganji, mantan pemimpin redaksi Javan, surat kabar IRGC, mencuit, “Jenis misi yang dilakukan martir ini di Suriah menunjukkan jari pembunuhan pada Zionis,” mungkin menyinggung laporan bahwa Khodai memiliki peran utama dalam mentransfer orang-orang Iran bersenjata ke Suriah. Angkatan udara Israel telah berulang kali menyerang posisi Iran di Suriah dan konvoi dalam perjalanan ke Libanon.

Beberapa pengamat di Iran percaya bahwa pembunuhan ini sebagai tanggapan atas kebangkitan kembali Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA), kesepakatan 2015 yang membatasi program nuklir Iran dengan imbalan keringanan sanksi. Pada 2018, Presiden Donald Trump secara sepihak menarik AS dari kesepakatan itu.

Pada tahun lalu, Iran dan AS telah terlibat dalam pembicaraan tidak langsung untuk menghidupkan kembali JCPOA. Kesepakatan itu hampir selesai tetapi Teheran dan Washington menemui jalan buntu karena masalah nama IRGC berada di daftar Organisasi Teroris Asing (FTO) AS.

Baca juga: Turki Yakini Perbaikan Hubungan dengan Israel akan Bantu Palestina

Untuk memecahkan kebuntuan, Uni Eropa menyarankan jalan tengah yaitu IRGC akan dikeluarkan dari daftar dan pasukan Qudsnya ditambahkan sebagai gantinya. Dalam nada ini, Enrique Mora, kepala negosiator nuklir Uni Eropa, melakukan perjalanan ke Iran dua minggu lalu. Uni Eropa kemudian menggambarkan pembicaraan dengan Iran sebagai cukup positif untuk membuka kembali negosiasi nuklir yang terhenti setelah dua bulan menemui jalan buntu.

Israel menentang JCPOA

Beberapa analis di Iran percaya bahwa Israel membunuh kolonel IRGC untuk menciptakan hambatan baru terhadap kebangkitan JCPOA. “Perjalanan Mr Mora dan Emir Qatar ke Teheran serta kunjungan Presiden Raisi ke Oman menunjukkan bahwa ada gerakan ke arah penyelesaian perbedaan dan membawa sudut pandang AS lebih dekat ke Iran,” ungkap seorang mantan diplomat Iran berbicara kepada Middle East Eye dengan syarat anonim.

Raisi mengunjungi Oman pada Senin dan diterima oleh Sultan Haitham bin Tarik untuk pembicaraan tentang kerja sama ekonomi. Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani mengunjungi Teheran awal bulan ini untuk melakukan pembicaraan dengan Raisi dan pemimpin tertinggi tentang isu-isu regional dan bilateral. “Mengingat langkah-langkah ini, peluang JCPOA dihidupkan kembali akan meningkat. Itulah sebabnya Israel sangat tidak senang.”

Dia menambahkan, “Perhatian utama Iran tentang masalah daftar FTO yakni hal itu akan memungkinkan Israel dan AS untuk membunuh komandan Iran dengan mudah. Jadi proposal UE yang baru bisa memuaskan Iran. Namun pembunuhan baru ini mungkin dilakukan untuk membuat Iran lebih tidak fleksibel karena mengirimkan pesan bahwa dengan pasukan Quds ditambahkan ke daftar, mereka akan dibunuh juga oleh orang Amerika dan Israel.”

Israel, lanjutnya, berusaha membuat marah Iran dan memaksanya ke dalam konflik sambil membawa AS dan NATO di belakangnya. “Saya pikir setelah ketegangan yang begitu tinggi, JCPOA tidak akan dihidupkan kembali. Israel lebih khawatir jika kesepakatan ini tercapai, bobot dan statusnya di kawasan akan terancam serius.”

Baca juga: Cela AS-Israel, Ribuan Orang Iran Hadiri Pemakaman Kolonel yang Dibunuh

Seorang sumber terpercaya mengatakan kepada MEE bahwa Israel berhasil memanipulasi politik Iran dengan melakukan pembunuhan. Setidaknya enam ilmuwan dan akademisi Iran terbunuh atau diserang sejak 2010, beberapa di antaranya oleh penyerang yang mengendarai sepeda motor, dalam insiden yang diyakini menargetkan program nuklir Iran.

Sumber tersebut mengatakan bahwa pada November 2020, Israel memiliki dua tujuan dalam pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka Iran Mohsen Fakhrizadeh yakni menyingkirkan kekuatan pendorong yang kuat di balik program nuklir Iran dan yang lebih penting, gangguan terhadap kebangkitan JCPOA.

Sumber itu mengatakan, “Pada saat itu, pemerintahan Joe Biden telah mencapai kompromi dengan pemerintah Hassan Rouhani yang didukung reformis untuk segera kembali ke JCPOA. Namun pembunuhan itu membuat marah para garis keras dan mereka membuat rintangan besar di jalan.” 

Pesan di balik pembunuhan

Seorang diplomat Eropa, yang sebelumnya bertugas di Iran, mengatakan kepada MEE percaya bahwa pembunuhan itu merupakan aksi membunuh dua burung dengan satu batu. “Ada juga pesan lain yang jelas di balik pembunuhan itu. Pembunuhan itu tidak hanya bertujuan mengganggu pembicaraan JCPOA tetapi juga terkait dengan skenario Suriah.”

Dia melanjutkan, “Pada saat Rusia memberikan lebih banyak ruang (dan pangkalan militer) ke Teheran di Suriah karena perang Ukraina, seseorang mengatakan, ‘Jangan bergerak lebih jauh, kami bisa datang langsung ke rumah Anda untuk menghentikan Anda.’ Bukan suatu kebetulan bahwa kolonel IRGC itu bekerja di Suriah. Menariknya kali ini petugas yang bekerja di program nuklir tidak terkena. Ini tampaknya menunjukkan bahwa serangan itu memiliki makna yang lebih luas, dan Suriah, saya yakin, menjadi masalah utama di sini.”

Baca juga: Presiden Iran Serukan Pembalasan Pembunuhan Kolonel Garda Revolusi

Mengacu pada pembunuhan Khodai, kantor berita konservatif Mehr berpendapat bahwa di hari-hari ini ketika ada desas-desus tentang penarikan pasukan Rusia dari Suriah, rezim Zionis lebih takut akan perlawanan yang diperkuat dan diperluas di Suriah. “Ini bisa dianggap sebagai faktor meningkatnya level operasi gila mereka.” (OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Pembunuhan Kolonel IRGC, Pesan Israel terkait Suriah dan Perjanjian Nuklir?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *