• March 29, 2024 5:48 am

Petinggi MUI Ragu Munarman Gabung ISIS: Saya Bersaksi Dia Orang Baik

ByRedaksi PAKAR

Mar 7, 2022 ,
Petinggi MUI mengenal Munarman selama ini sebagai aktivis dan ahli hukum hingga bersahabat dengan ormas-ormas Islam.
Jakarta, CNN Indonesia

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhyiddin Junaidi meragukan bila mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman bergabung dengan kelompok teroris ISIS atau ISIL.

Hal itu ia sampaikan saat dihadirkan sebagai ahli dalam sidang lanjutan kasus dugaan terorisme dengan terduga Munarman di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (7/3).

“Saya meragukan kalau beliau itu bergabung dengan kelompok teroris ISIS atau ISIL. Saya bersaksi asyhadu. Apa yang saya tahu apa yang saya kenal, beliau orang baik. Bukan karena beliau sahabat saya,” kata Muhyiddin.

Muhyiddin menilai Munarman selama ini dikenal sebagai aktivis dan ahli hukum. Munarman, kata dia, juga memiliki banyak berjejaring dengan banyak ormas-ormas Islam.

Muhyiddin juga kerap membaca pemikiran Munarman yang dimuat di banyak media. Baginya, pemikiran Munarman jernih dan kritis memandang suatu persoalan.

“Dengan beberapa hal beliau punya pandangan tak sejalan pemerintah. Terutama dalam konteks penegakan hukum karena referensinya berbeda,” kata dia.

Muhyiddin lantas bercerita sempat bertemu dengan Munarman di kediaman Mantan Ketua MPR Amien Rais. Pertemuan itu dilakukan seminggu sebelum Munarman ditangkap polisi.

Pada pertemuan itu, Munarman mengatakan pihak TP3 diduga diancam oleh pihak tertentu agar tak melakukan pengusutan terhadap kasus pembunuhan 6 laskar FPI. Munarman, kata Muhyiddin, juga berkeluh kerap dituduh melakukan baiat kepada ISIS.

“Beliau dituduh bla bla. Beliau katakan ‘saya tak pernah melakukan baiat itu’,” kata dia.

(rzr/DAL)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Petinggi MUI Ragu Munarman Gabung ISIS: Saya Bersaksi Dia Orang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *