• April 27, 2024 3:12 am

Wagub Kalbar Sambut Safari Dakwah INH Kabarkan Palestina

SAFARI dakwah untuk mesyiarkan kabar dan perkembangan kondisi Palestina terkini yang digagas lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) di sejumlah daerah di Kalimantan Barat (Kalbar) mendapat sambutan hangat dari sejumlah kalangan pejabat di lingkungan provinsi yang dikenal dengan monumen tugu katulistiwa.

Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengaku senang atas kehadiran INH di Kalbar dan menyambut baik seluruh rangkaian kegiatan safari dakwah tersebut. “Kami sangat respect dengan perjuangan Palestina dan prihatin kenapa saat ini saudara-saudara muslim kita di sana masih belum bisa hidup merdeka,” kata Norsan saat menjamu pengurus INH di kantornya, Selasa (9/2).

Ia menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke kota tua Al-Quds, Palestina, melalui paket perjalanan umrah plus beberapa waktu lalu. “Saat itu saya mengambil program paket umrah plus Al-Quds tetapi saya enggak ambil umrahnya karena ingin ke masjid Al-Aqsha sesuai berdasarkan hadits Rasulullah soal anjuran untuk pergi mengunjungi ke tiga masjid yang disucikan bagi umat Islam,” cerita Norsan.

Tak hanya berkunjung ke kota tua Al-Quds, Norsan juga membagi pengalaman perjalanannya ke sejumlah wilayah Palestina lain, seperti Kota Hebron dan wilayah di Tepi Barat. “Ini merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga untuk menambah wasawan dan pengetahuan tentang sejarah perkembangan Islam dari generasi ke generasi,” katanya.

Baca juga: Pasukan Israel Tembaki Tiga Warga Palestina yang Dituduh Teroris

Saat di Tepi Barat ke kota Hebron, ia menyempatkan untuk mengunjungi makam nabi Ibrahim dan pulang dari sana membawa kaligrafi dari kulit kerang yang sangat futuristik. “Kami sangat memahami konflik di Tepi Barat tentang perampasan tanah, memaksa jual tanah untuk Israel. Jika tidak mau akan diganggu tanahnya,” kenangnya.

Wagub yang mengaku sangat antusias dan mengikuti perkembangan konflik Palestina mengaku siap memberikan dukungan dan perkembangan lembaga tersebut termasuk keberadaan Sahabat Relawan (Share) INH di Kalbar. “Kami siap mengayomi pergerakan Share INH Pontianak meski belum bisa menjadi pembina karena banyak permintaan menghindari isu yang bersifat tendensius,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi. Menurutnya, kegiatan safari dakwa INH merupakan langka positif dalam meyebarkan pesan-pesan perdamaian dan menyosialisasikan isue-isue ke-Palestina-an.

“Kami atas nama pemerintah Kabupaten Mempawah sangat senang bisa menjadi satu bagian dari lokasi yang dijadikan acara safari dakwah yang digagas INH,” ucapnya.

Baca juga: Cara SMAN 2 Palangka Raya Jaga Toleransi Antra Umat Beragama di Sekolah

Founder INH Muhammad Husein menyampaikan bahwa audiensi yang dilakukan ini bertujuan membahas safari dakwah dengan mengangkat tema Surat Cinta Dari Palestina. Salah satu audiensi berlokasi di Masjid Agung Al Falah Mempawah.

“Safari dakwah yang saya lakukan untuk menyampaikan kabar berita sebenarnya tentang Palestina, khususnya Gaza. Saya berbagi pengalaman hidup selama 10 tahun tinggal di sana. Kami memberikan pembekalan dan pemahaman kepada masyarakat terkait kondisi Palestina saat ini,” ujar Muhammad Husein. Safari Dakwah Akbar Eksklusif Palestina di wilayah Kalbar berlangsung sejak 8 hingga 11 Februari 2022. (RO/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Wagub Kalbar Sambut Safari Dakwah INH Kabarkan Palestina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *