• April 25, 2024 3:19 am

Serangan Udara di Penjara Yaman Tewaskan 70 Orang

SEDIKITNYA 70 orang tewas dalam serangan udara di sebuah penjara ketika konflik Yaman yang telah berlangsung lama mengalami eskalasi dramatis pada Jumat.

Pemberontak Houthi merilis rekaman video mengerikan yang menunjukkan mayat-mayat di reruntuhan dan mayat-mayat yang hancur akibat serangan itu. Serangan tersebut meratakan bangunan di penjara di jantung utara Saada.

Baca juga: NATO Tolak Permintaan Rusia untuk Tarik Pasukan dari Bulgaria-Rumania

Koalisi yang dipimpin Saudi, yang telah memerangi pemberontak itu sejak 2015, merilis sebuah pernyataan pada Sabtu yang menyangkal bahwa mereka melakukan serangan itu.

“Laporan tentang penargetan fasilitas yang dikuasai pemberontak itu tidak berdasar,” kata juru bicara koalisi Turki al-Malki, yang dikutip oleh Saudi Press Agency.

Al-Malki mengatakan koalisi akan berbagi dengan kedua lembaga fakta dan rincian, serta misinformasi media oleh Huthi tentang fasilitas tersebut.

Lebih jauh ke selatan di kota pelabuhan Hodeida, setidaknya tiga anak tewas ketika serangan udara oleh koalisi pimpinan Saudi menghantam fasilitas telekomunikasi saat mereka bermain di dekatnya, menurut Save the Children. Yaman juga mengalami pemadaman internet di seluruh negeri.

“Anak-anak dilaporkan sedang bermain di lapangan sepak bola terdekat ketika rudal menghantam,” kata Save the Children.

Dalam sebuah pernyataan bersama, delapan lembaga bantuan yang beroperasi di Yaman mengatakan bahwa mereka merasa ngeri dengan berita bahwa lebih dari 70 orang, termasuk migran, perempuan dan anak-anak, telah tewas.

Mereka mengatakan penjara di Saada digunakan sebagai pusat penahanan bagi para migran.

Serangan itu terjadi setelah Houthi membawa perang tujuh tahun ke fase baru dengan mengklaim serangan pesawat tak berawak dan rudal di Abu Dhabi yang menewaskan tiga orang pada Senin.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyerukan semua pihak dalam konflik untuk mengurangi eskalasi dan mematuhi kewajiban mereka di bawah hukum humaniter internasional setelah serangan Yaman dan serangan di ibu kota Emirat.

Uni Emirat Arab bersikeras bahwa pihaknya dan anggota koalisi lainnya tetap berkomitmen untuk memberikan tanggapan yang proporsional terhadap serangan Houthi.

“Koalisi berjanji untuk mematuhi hukum internasional dan tanggapan yang proporsional dalam semua operasi militernya,” kata Duta Besar UEA untuk PBB Lana Nusseibeh.

Sementara itu, Dewan Keamanan dengan suara bulat mengutuk serangan teroris keji oleh pemberontak Yaman.

Dalam pernyataan selanjutnya, PBB mengatakan Guterres mengingatkan semua pihak bahwa serangan yang ditujukan terhadap warga sipil dan infrastruktur sipil dilarang oleh hukum humaniter internasional.

Pekerja bantuan mengatakan rumah sakit di Saada kewalahan setelah serangan penjara, dengan satu menerima 70 orang tewas dan 138 terluka, menurut Doctors Without Borders. Dua rumah sakit lain telah menerima banyak korban luka. (AFP/OL-6)


Sumber: Media Indonesia | Serangan Udara di Penjara Yaman Tewaskan 70 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *