• July 16, 2024 4:27 am

Hukum kemarin, korupsi PT Taspen hingga sidang sengketa pemilu

Hukum kemarin, korupsi PT Taspen hingga sidang sengketa pemilu

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) –

Lima berita hukum pada hari Jumat (8/3) yang terjadi di wilayah Indonesia yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan penyidikan dugaan korupsi PT Taspen hingga MKMK tegaskan Anwar Usman tak bisa adili sengketa pemilu.

 


1. KPK umumkan penyidikan dugaan korupsi di PT Taspen

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan telah memulai penyidikan perkara dugaan korupsi bermodus investasi fiktif di PT Taspen (Persero) pada tahun anggaran 2019.

 

“Benar, dengan ditindaklanjutinya laporan masyarakat terkait dengan dugaan korupsi yang menjadi wewenang KPK, saat ini tengah pengumpulan alat bukti terkait dengan penyidikan dugaan korupsi dalam kegiatan investasi fiktif di PT Taspen (Persero) pada tahun anggaran 2019,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat.

 

 

2. MKMK kembali tegaskan Anwar Usman tidak bisa adili sengketa pemilu

 

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menegaskan kembali hakim Anwar Usman tidak bisa ikut terlibat mengadili sengketa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 

“Sesuai dengan Putusan MKMK Nomor 2, beliau (Anwar Usman) tidak bisa mengikuti atau menyidangkan sengketa Pemilu Presiden atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum,” kata anggota MKMK Prof. Yuliandri di Padang, Jumat.

 

 

3. BNPT: Patriarkisme punya andil sebarkan paham radikal pada perempuan

 

Kepala Seksi Analisis Intelijen Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI Leebarty Taskarina mengatakan bahwa patriarkisme di Tanah Air memiliki andil cukup besar dalam penyebaran paham radikal pada kaum perempuan.

 

Hal itu sebagaimana temuan studinya yang mencatat bahwa dari 20 perempuan pelaku terorisme, ajakan keluarga, khususnya pasangan/suami dan saudara laki-laki, menjadi salah satu penyebab terbesar perempuan terlibat aksi teror.

 

 


4. Tak menggunakan helm pelanggar terbanyak Operasi Keselamatan 2024

 

Pada hari keempat pelaksanaan Operasi Keselamatan 2024 Korlantas Polri di seluruh Indonesia, Jumat, tercatat 30.468 pelanggar lalu lintas ditindak oleh petugas, pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor tidak berhelm.

 

“Pelanggaran yang mendominasi pada Operasi Keselamatan 2024 terjadi pada kendaraan roda dua atau motor yaitu tidak menggunakan helm sebanyak 1.574 pelanggar,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko di Jakarta, Jumat.

 

 

5. KPK geledah tujuh lokasi dalam penyidikan kasus korupsi di PT Taspen

 

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah tujuh lokasi dalam penyidikan perkara dugaan korupsi bermodus investasi fiktif di PT Taspen (Persero) pada tahun anggaran 2019.

 

“Penyidikan perkara dugaan korupsi dalam kegiatan investasi fiktif di PT Taspen (Persero), tim penyidik telah selesai melakukan penggeledahan di tujuh lokasi berbeda yang berada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Hukum kemarin, korupsi PT Taspen hingga sidang sengketa pemilu” pada 2024-03-09 05:48:40

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *