• May 4, 2024 10:48 am

Polda: Penjual Senpi ke Pegawai KAI Tersangka Teroris adalah Residivis

Dirreskrimum Polda Metro Jaya menyebut penjual senjata kepada tersangka terorisme yang merupakan pegawai KAI, DE (28) adalah seorang residivis berinisial R.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Polisi menyebut penjual senjata kepada tersangka terorisme yang merupakan pegawai KAI, DE (28) adalah seorang residivis berinisial R.

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan R juga pernah terlibat dalam kasus penjualan senjata api (senpi) ilegal pada tahun 2017.

“Inisial R dari kalangan sipil, menjual ke tersangka teroris kemarin. Itu senpi pabrikan,” kata Hengki dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/8).

“Perlu kami sampaikan, salah satu tersangka ini residivis tahun 2017 dengan modus yang sama menjual senpi ditangkap Resmob Polda Metro Jaya,” sambungnya.

Kendati demikian, Hengki belum membeberkan secara rinci soal bagaimana R menjual senjata kepada tersangka teroris DE tersebut.

Ia hanya menyampaikan R akan mendapat hukuman yang lebih berat dalam kasus ini lantaran pernah melakukan tindak pidana serupa.

“Karena memang ini residivis, tentunya hukumannya tentu berbeda,” ucap Hengki.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror Polri mengatakan sejumlah senjata api jenis laras panjang dan laras pendek didapatkan tersangka Dananjaya Erbening (28) dari seseorang berinisial R di kawasan Tambun, Kabupaten Bekasi.

“Sementara ini diperoleh keterangan dari DE, bahwa pemasok senjata FNC dan pistol pendek combat C2 Pindad adalah R alias B, yang mana senjata-senjata tersebut dibeli dari R alias B di Tambun Utara, Bekasi,” kata Juru Bicara Densus 88 Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Senin (21/8).

Aswin mengatakan, saat ini pihaknya masih terus melakukan pendalaman lanjutan terhadap sosok R itu. Kendati demikian berdasarkan pemeriksaan sementara, penyidik belum menemukan adanya keterlibatan R dalam jaringan terorisme.

Oleh karena itu, dia menyebut sosok R tersebut telah diserahkan sepenuhnya kepada Polda Metro Jaya untuk pengusutan kasus dugaan jual beli senjata api ilegal.

“Sebagai tambahan, bahwa senjata serta amunisi yang dimiliki oleh DE sangat banyak yang ia peroleh melalui beberapa pihak, saat ini masih dalam tahap penyelidikan satu per satu dari siapa dan bagaimana keterkaitannya dengan jaringan atau kelompok teror,” ujar Aswin.

(dis/kid)


[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Polda: Penjual Senpi ke Pegawai KAI Tersangka Teroris adalah Residivis” pada 2023-08-21 22:10:51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *