• May 24, 2022 4:07 pm

Komunitas Eks Napiter Hijaukan Bantaran Bengawan Solo dan Gunung Lawu

KOMUNITAS eks narapidana terorisme (napiter) yang tergabung dalam Yayasan Gema Salam melakukan penghijauan bantaran Sungai Bengawan Solo dan lereng Gunung Lawu, Kamis (21/4).

“Penghijauan untuk penyelamatan lingkungan sungai dan lereng Lawu ini bersamaan dengan momen perayaan Hari Bumi. Ada sedikitnya 200 bibit pohon buah kita tanam di sejumlah lokasi di kawasan bibir Sungai Bengawan Solo dan lereng Lawu, Karanganyar,” kata Ketua Gema Salam Joko Trihatmanto.

Sebanyak 50 pohon bibit buah ditanam di bantaran Pucang Arun, Kelurahan Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, yang selama beberapa waktu terakhir ini dihijaukan oleh mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Kawasan hijau asri Pucang Arum yang menjadi Taman Jogo Kali di Pucang Sawit sejak setahun terakhir ini sudah begitu rindang dan tertata dengan banyak pohon buah, seperti klengkeng, mangga dan rambutan. Dengan adanya tambahan bibit pohon dari komunitas eks napiter dalam wadah Gema Salam, membuat FX Hadi Rudyatmo, selaku tokoh lingkungan Solo, merasa terbantu dalam menata lingkungan.

“Ya selain semakin membuat hijau Taman Jogo Kali Pucang Arum ini, konstruksi tanah bantaran Bengawan Solo ini akan menjadi semakin kuat dari kemungkinan bencana longsor,” kata pria berkumis tebal yang didapuk sebagai pembina yayasan Gema Salam.

Baca juga: Eks Napiter Ingatkan Bahaya Radikalisme di Kalangan Remaja

Di sisi lain, Joko Trihatmanto yang dalam dunia napiter dikenal sebagai Jack Harun menyatakan upaya penghijauan ini menggugah rasa nasionalisme para eks napiter, dalam hal penyelamatan lingkungan.

“Ini tentu program yang baik menumbuhkan semangat kebangsaan, dimulai dari membantu pembenahan lingkungan alam dan kegiatan positif lainnya. Kebetulan ini bertepatan dengan Hari Bumi,” ucap Jack Harun.(OL-5)


Sumber: Media Indonesia | Komunitas Eks Napiter Hijaukan Bantaran Bengawan Solo dan Gunung Lawu

Leave a Reply

Your email address will not be published.