• May 17, 2022 11:01 am

Teroris Jaringan NII Punya 1.125 Anggota di Sumbar, Ini Respons BNPT

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merespons adanya pengungkapan oleh Polri bahwa ada ribuan orang terkait jaringan teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat. 

Bahkan, 400 orang di antaranya disebut berstatus personel aktif NII. Menanggapi hal itu, Direktur Deradikalisasi BNPT, Irfan Idris menerangkan bahwa pihaknya akan melakukan pencegahan sesuai dengan UU No 5 Tahun 2018 soal Pencegahan Terorisme. 

Baca juga: Tiga Kali Mangkir Sidang, Hakim Diminta Panggil Paksa Mardani Maming

“Kami akan menyiapkan kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi hingga deradikalisasi,” ujar Irfan kepada Media Indonesia, Minggu (17/4), 

Namun, Irfan tak membeberkan lebih detil terkait langkah cepat apa yang dilakukan BNPT guna mencegah ribuan anggota NII ini untuk beraksi membahayakan masyarakat, khususnya di Sumatra Barat. 

Sebelumnya, Kelompok teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat (Sumbar) memiliki anggota mencapai ribuan orang. Hal itu diketahui setelah Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap belasan teroris NII di Sumbar.

“Bahwa struktur NII berada pada tingkatan cabang atau kecamatan istilah NII tersebut adalah CV. Dengan anggota mencapai 1.125 anggota,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri di Mabes Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, Senin (11/4). 

Ramadhan menyebut dari ribuan anggota, sebanyak 400 orang berstatus belum aktif dan sudah berbaiat. Namun, sewaktu-waktu anggota tersebut dapat diaktifkan. Selain itu, kelompok NII di Sumbar tidak mengenal usia dalam merekrut anggotanya. Ditemukan 77 orang berusia di bawah 13 tahun. 

“Tercatat ada 126 orang yang saat ini sudah dewasa, namun direkrut saat usia masih belasan tahun,” ungkap jenderal bintang satu itu.

Dia menyakini anak-anak itu telah dicuci otaknya. Polri telah berkoordinasi dengan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) terkait temuan tersebut. Densus 88 telah menangkap 16 teroris jaringan NII di Sumbar pada 25 Maret 2022. Selain itu, Densus 88 juga menangkap lima tersangka teroris NII di Tangerang Selatan, Banten, Minggu, 3 April 2022. (OL-6)


Sumber: Media Indonesia | Teroris Jaringan NII Punya 1.125 Anggota di Sumbar, Ini Respons BNPT

Leave a Reply

Your email address will not be published.