• May 17, 2022 10:56 am

Lima Orang Tewas dalam Serangan Senjata di Dekat Tel Aviv

Lima orang tewas dalam serangan senjata pada Selasa di dekat kota pesisir Israel Tel Aviv.

Penduduk kota ultra-ortodoks Bnei Brak dan kota tetangga Ramat Gan melaporkan bahwa seorang pria telah mengemudi dan melepaskan tembakan ke orang yang lewat. Polisi Israel kemudian mengatakan pasukan keamanan telah membunuh penyerang tersebut.

Mereka tidak mengungkapkan identitasnya. Akan tetapi media Israel melaporkan seorang warga Palestina dari Tepi Barat yang diduduki Israel, yang telah menghabiskan empat tahun di penjara negara Yahudi itu, terkait dengan serangan itu. Mereka mengidentifikasinya sebagai Diaa Hamarshah.

“Kami sayangnya harus mencatat bahwa lima orang telah tewas,” kata Eli Bin, kepala tanggap darurat Magen David Adom.

Presiden Palestina Mahmud Abbas, yang berbasis di Tepi Barat, mengeluarkan kecaman yang langka atas serangan tersebut.

“Pembunuhan warga sipil Palestina dan Israel hanya akan memperburuk situasi, sementara kita semua berjuang untuk stabilitas,” kata Abbas dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh kantor berita Wafa.

Sementara, Perdana Menteri Israel Naftali Bennett mengatakan bahwa negara itu menghadapi gelombang terorisme yang mematikan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengutuk serangan teroris tersebut, yang menyebut serentetan kekerasan baru-baru ini tidak bisa diterima.

Polisi dikerahkan dalam jumlah besar di Bnei Brak pada malam hari, menurut wartawan AFP di tempat kejadian.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas penembakan itu.

Bennett mengatakan dia akan mengadakan pertemuan darurat dengan pejabat tinggi keamanan untuk meninjau situasinya.

Pembunuhan pada Selasa itu menandai serangan mematikan ketiga di Israel dalam seminggu, sehingga jumlah korban tewas menjadi 11, tidak termasuk pelaku.

Pada Minggu, sebuah penembakan menewaskan dua petugas polisi Israel – yang diidentifikasi sebagai Shirel Aboukrat, seorang warga negara Prancis-Israel, dan Yezen Falah – di Kota Hadera.

Serangan itu kemudian diklaim oleh kelompok ISIS — klaim pertama kelompok tersebut atas serangan di wilayah Israel sejak 2017.

Polisi Israel mengatakan bahwa dua pelaku serangan Hadera tewas di tempat kejadian. (AFP/OL-12)


Sumber: Media Indonesia | Lima Orang Tewas dalam Serangan Senjata di Dekat Tel Aviv

Leave a Reply

Your email address will not be published.