• May 18, 2022 3:42 am

Pertemuan Putin dan Zelensky Mungkin Terjadi setelah Pembicaraan Istanbul

NEGOSIATOR utama Ukraina mengatakan kemajuan yang cukup telah dicapai pada pembicaraan Selasa (29/3) di Turki untuk menyelesaikan konflik dengan Rusia. Ini memungkinkan pertemuan antara presiden kedua negara.

“Hasil pertemuan hari ini cukup untuk pertemuan di tingkat para pemimpin,” kata perunding Ukraina, David Arakhamia.  Sebelumnya pertemuan antara Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin dinilai kontraproduktif.

Rusia pun mengatakan akan mengurangi aktivitas militer di sekitar Kyiv menyusul pembicaraan bermakna di Istanbul. Setelah pertemuan tatap muka di Turki, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander Fomin mengatakan pembicaraan tentang netralitas dan status nonnuklir Ukraina telah beralih ke bidang praktis.

Oleh karena itu, “Keputusan telah dibuat untuk secara radikal dengan beberapa kali mengurangi aktivitas militer,” di kota-kota Kyiv dan Chernigiv, katanya.

Kepala perunding Rusia Vladimir Medinsky mengatakan telah ada diskusi yang berarti dalam pembicaraan tersebut.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pembicaraan Selasa antara Rusia dan Ukraina di Istanbul menandai kemajuan paling signifikan sejak perang pecah antara kedua negara. 

Baca juga: Sangkal Abramovich Diracun, Kremlin: Ia Berperan dalam Pembicaraan

Berbicara setelah tiga jam pembicaraan antara delegasi dari Moskow dan Kyiv, Cavusoglu mengatakan diskusi tersebut mewakili kemajuan paling signifikan sejak negosiasi dimulai setelah invasi Rusia ke Ukraina. Pembicaraan tidak akan dilanjutkan pada Rabu (30/3). (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Pertemuan Putin dan Zelensky Mungkin Terjadi setelah Pembicaraan Istanbul

Leave a Reply

Your email address will not be published.