• May 26, 2022 5:46 pm

BNPT: KTN upaya penanggulangan terorisme berbasis kesejahteraan

ByRedaksi PAKAR

Mar 25, 2022
BNPT: KTN upaya penanggulangan terorisme berbasis kesejahteraan
Jakarta (ANTARA) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar mengatakan kawasan terpadu nusantara (KTN) yang digagas lembaganya bertujuan untuk penanggulangan terorisme yang berbasis kesejahteraan.

“Kolaborasi dan sinergi diperlukan sebagai bentuk negara hadir dalam upaya penanggulangan terorisme,” kata Kepala BNPT Komjen Polisi Boy Rafli Amar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan KTN merupakan salah satu bentuk pendekatan lunak yang mengedepankan aspek kesejahteraan dengan memberikan fasilitas kepada mitra deradikalisasi, penyintas dan masyarakat untuk mengembangkan produktivitas ekonomi.

Baca juga: BNPT ajak LDII berpartisipasi pada Program Warung NKRI

Kawasan tersebut dijadikan sarana reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi agar memiliki kemandirian ekonomi. Dalam jangka panjang, KTN diharapkan mampu mencegah radikalisme dan terorisme melalui transformasi mindset.

Di dalam wilayah KTN, upaya deradikalisasi berbasis kesejahteraan juga akan dihidupkan melalui kegiatan dialogis penanaman nilai-nilai kebangsaan dengan konsep wadah akur rukun usaha nurani gelorakan NKRI (Warung NKRI).

“Indonesia punya empat pilar kebangsaan yang sudah diwarisi leluhur kita. Harus dilestarikan dan dijaga bersama,” ujar dia.

Baca juga: BNPT nilai program Warung NKRI mampu cegah bahaya radikalisme

BNPT sendiri telah meluncurkan KTN pertama di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Di lokasi itu tersedia lahan pertanian jagung, peternakan kambing dan posko KTN yang merupakan sinergi dari BNPT, pemerintah Kabupaten Malang, Universitas Islam Malang dan beberapa pihak lainnya.

Tidak sampai di situ, ke depan, akan ada pengembangan selanjutnya yakni budi daya perikanan, tanaman pangan, budi daya tanaman nonpangan dan lain sebagainya. Hasil perkebunan itu akan dijual ke masyarakat luas.

Baca juga: BNPT resmikan Warung NKRI wujud sinergi dengan mitra deradikalisasi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | BNPT: KTN upaya penanggulangan terorisme berbasis kesejahteraan

Leave a Reply

Your email address will not be published.