• April 20, 2024 6:43 am

Dirut BPJAMSOSTEK Kunjungi Keluarga Korban Penembakan KST di Bandung

AKSI penembakan yang dilakukan kelompok separatis teroris (KST) di Distrik Beoga, Papua, masih membuat duka yang mendalam bagi keluarga korban.

Untuk memberi dukungan moral,  Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Anggoro Eko Cahyo melakukan kunjungan ke rumah duka salah satu korban atas nama Billy Garibaldi di Bandung, Jumat (11/3).

Dalam kunjungan ke rumah keluarga korban, Anggoro juga menyerahkan senilai Rp550 juta kepada ahli waris atas nama Lia Kurniawati yang merupakan istri korban.

Anggoro mengatakan bahwa santunan yang diserahkan ini merupakan wujud tanggung jawab perusahaan dan BPJAMSOSTEK dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh pekerja di Indonesia.

“Kami bersilaturahmi kepada keluarga almarhum Billy Garibaldi yang merupakan salah satu korban penembakan yang terjadi di Papua,” katanya.

“Kita bertemu Ibu Lia, menyampaikan belasungkawa dan juga santunan dengan total Rp550 juta yang terdiri dari santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), biaya pemakaman, manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), manfaat Jaminan Pensiun (JP) berkala dan bantuan beasiswa untuk dua orang anak,” jelas Anggoro.

Hasil verifikasi yang diperoleh menyatakan, dari sembilan orang yang menjadi korban tindak kekerasan dari KST di Distrik Beoga Papua ini, empat orang di antaranya merupakan peserta BPJAMSOSTEK.

 Tiga orang meninggal dunia dan satu orang berhasil selamat dan saat ini sedang menerima perawatan di fasilitas  Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) rumah sakit kerja sama BPJAMSOSTEK di Mimika, Papua

“Untuk tiga orang peserta tersebut total santunannya adalah Rp1,06 miliar. Dan satu  orang yang masih dalam perawatan di rumah sakit juga merupakan tanggungan BPJS Ketenagakerjaan sehingga peserta tersebut masih tetap dirawat dan direncanakan akan dibawa ke Jakarta agar lebih baik perawatannya,” paparnya.

Firman, perwakilan keluarga yang menerima kunjungan tersebut mengucapkan terima kasih atas perhatian serta santunan yang diberikan.

“Saya atas nama keluarga almarhum Billy Garibaldi mengucapkan banyak terima kasih kepada BPJAMSOSTEK, yang telah memberikan santunan secara tunai dan terutama untuk beasiswa yang diberikan sampai kuliah, kami tidak menduga sama sekali, ini sangat terasa manfaatnya bagi kami dan mungkin juga untuk pekerja lain yang terdaftar di BPJAMSOSTEK,” ujarnya.

Pada kunjungan tersebut, Anggoro didampingi oleh Andie Megantara selaku Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial – Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Farel Sinaga (Head of HRGA) dari PT Palapa Timur Telematika, perusahaan tempat almarhum bekerja.

Berbicara mewakili perusahaan, Farel mengapresiasi kepedulian dan respon cepat dari BPJAMSOSTEK.

“Kami manajemen PT Palapa Timur Telematika mengucapkan terima kasih dan apresiasi kami yang sebesar-besarnya kepada BPJAMSOSTEK, kita di tengah keluarga yang sedang berduka mendapatkan respon yang sangat cepat dan ini sangat luar biasa. Semoga apa yang diberikan ini dapat meringankan beban keluarga,” ungkap Farel.

Senada dengan itu, Andie Megantara juga mengapresiasi kinerja BPJAMSOSTEK dan berharap apa yang diberikan bermanfaat terutama untuk pendidikan anak almarhum.

“Ini bukti bahwa BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk menyelesaikan pekerjaan yang sangat cepat, semoga selalu dijaga, dan juga semoga putra putri almarhum bisa selesai pendidikan hingga kuliah nanti,” tambah Andie.

Menutup kunjungannya, Anggoro mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, PT Palapa Timur Telematika sebagai pihak pemberi kerja/ perusahaan, TNI dan Polri yang terlibat dalam operasi evakuasi korban. Dirinya berharap kejadian tersebut dapat diusut tuntas dan tidak terulang kembali.

“Kejadian ini mencerminkan pentingnya perlindungan jaminan sosial bagi seluruh pekerja. Karena kita tidak dapat menduga kapan musibah akan datang, oleh karenanya, saya mengajak semua perusahaan dan pekerja untuk memastikan dirinya memiliki perlindungan dari BPJAMSOSTEK,” pungkas Anggoro.

Sementara itu Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta Eko Nugriyanto juga turut menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada keluarga  almarhum Billy Garibaldi, salah satu korban penembakkan KST di Papua yang saat kejadian sedang mengerjakan perbaikan Tower Base Transceiver Station (BTS) 3 Telkomsel.

Eko menjelaskan bahwa almarhum Billy Garibaldi merupakan karyawan PT Palapa Timur Telematika yang terdaftar sebagai peserta Tenaga Kerja Penerima Upah (TKPU) di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kebon Sirih sejak Juli tahun 2015 dengan 4 program perlindungan (JKK,JKm,JHT dan JP).

“Semoga kejadian ini dapat dijadikan momentum bagi Pekerja maupun Pemberi Kerja/Badan Usaha bahwa begitu pentingnya para pekerja memiliki perlindungan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek),” tutup Eko. (RO/OL-09)


Sumber: Media Indonesia | Dirut BPJAMSOSTEK Kunjungi Keluarga Korban Penembakan KST di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *