• May 24, 2022 3:47 pm

Jejak Dokter Sunardi Versi Polri, Penasihat Amir JI yang Ditembak Mati

Densus 88 Antiteror Polri menyatakan Sunardi memiliki rekam jejak panjang di jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Ia merupakan salah satu dari pimpinan kelompok.

Jakarta, CNN Indonesia

Dokter Sunardi, terduga teroris yang ditembak mati oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri memiliki rekam jejak panjang di jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Ia merupakan salah satu dari pimpinan kelompok tersebut.

Sunardi ditembak mati ketika hendak ditangkap aparat di Sukoharjo, Jawa Tengah pada Rabu (9/3) malam. Menurut polisi, dia berusaha melakukan perlawanan kepada aparat saat akan ditangkap.

Polisi menyebut Sunardi merupakan sosok yang menjabat sebagai amir atau pimpinan di jaringan tersebut.

“Yang bersangkutan juga pernah menjabat sebagai Amir Khidmat,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (10/3).

Ramadhan mengatakan di dalam jaringan kelompok itu, Sunardi berperan sebagai penasihat. Namun demikian, ia tak merincikan lebih jauh mengenai sejak kapan Sunardi bergabung dengan JI dan mengemban tugas tersebut.

Sunardi juga aktif di lembaga kemanusiaan Hilal Ahmar Society Indonesia (HASI). Kelompok ini dituding sebagai organisasi sayap dari JI yang diduga membantu pergerakan aktivitas teror.

“Yang bersangkutan sebagai penasihat amir JI, dan juga penanggung jawab Hilal Ahmar Society,” jelas dia.

HASI masuk daftar hitam terduga organisasi teroris yang ada di Indonesia. Mabes Polri, melalui data Nomor: TTOT/P-1a/2040/XI/2015 turut mencantumkan nama HASI sebagai organisasi yang diduga berafiliasi dengan jaringan teroris.

HASI berada pada nomor empat bagian entitas dalam daftar itu. Tertulis bahwa organisasi ini diduga menggunakan kedok sebagai yayasan kemanusiaan yang dikelola oleh Jamaah Islamiyah.

Melansir laman PBB, sejak 2011, HASI telah beroperasi sebagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia. PBB menuding HASI, sebagaimana kelompok teroris JI, telah menyalahgunakan kegiatan pengumpulan amal untuk digunakan sebagai dana demi mendukung tindak terorisme mereka.

Kelompok ini tersebar di beberapa wilayah seperti Jakarta, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya hingga Makassar. Mereka diduga turut mendanai perjalanan foreign terrorist fighter (FTF) alias kombatan ke Suriah.

Keterlibatannya dalam kelompok tersebut turut menjadi salah satu alasan Sunardi ditangkap oleh aparat pada malam sebelum ia diganjar timah panas itu.

Namun demikian, hingga berita ini diturunkan CNNIndonesia.com belum mendapat konfirmasi dari pihak-pihak lain terkait keterlibatan Sunardi dalam jaringan teroris tersebut. HASI pun hingga saat ini belum buka suara.




Infografis – Anatomi Sempalan Jamaah Islamiyah. (CNN Indonesia/Astari Kusumawardhani)

(mjo/pmg)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Jejak Dokter Sunardi Versi Polri, Penasihat Amir JI yang Ditembak Mati

Leave a Reply

Your email address will not be published.