• May 19, 2022 6:01 pm

Kelurahan Timbang Galung, Kampung Pancasila Pertama di Kota Pematangsiantar

KELURAHAN Timbang Galung ditetapkan sebagai Kampung Pancasila pertama di Kota Pematangsiantar dan diresmikan oleh Danrem 022/PT Kol. Inf. Luqman Arief. Kampung Pancasila ini terletak di Jl. Sipirok, Kelurahan Timbang Galung Kecamatan Siantar Barat Kota Pematangsiantar Sumatera Utara, Kamis (10/3).

Plt. Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dewayani melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Happy Oiukumenis Daely dalam sambutannya menyampaikan dengan diresmikannya kampung Pancasila diharapkan dapat meningkatkan semangat masyarakat untuk menghayati nilai-nilai luhur bangsa dan negara serta pengamalan Pancasila. “Sehingga Pancasila tidak sekadar menjadi slogan. namun harus diimplementasikan dalam cara berpikir dan berperilaku,” katanya. 

Dalam kesempatan tersebut Happy menjelaskan Kota Pematangsiantar terdiri dari multi etnis, agama, dan budaya namun tetap damai dan saling menghormati. keberagaman yang ada ini diharapkan menjadi kekuatan dan kekayaan bagi masyarakat.

“Kampung Pancasila yang ada di kelurahan Timbang Galung ini semoga dapat menjadi contoh bagi kelurahan-kelurahan lain yang ada di Kecamatan Siantar Barat khususnya, dan umumnya di Kota Pematangsiantar. terutama dalam menjaga kerukunan, keharmonisan, dan toleransi di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” jelasnya. 

“Semoga dengan terbentuknya Kampung Pancasila ini dapat memelihara nilai Pancasila tumbuh dan berkembang, serta dapat menjaga rasa persatuan dan kesatuan masyarakat serta mempercepat Kota Pematangsiantar bangkit dan maju demi terwujudnya Kota Pematangsiantar sehat, sejahtera dan berkualitas,” tambahnya. 

Sebelumnya, Camat Siantar Barat Pardomuan Nasution dalam laporannya menyampaikan bahwa Kampung Pancasila merupakan atensi dari Panglima TNI yang diturunkan ke jajaran di bawahnya Danrem dan Dandim dan diteruskan kepada kepala daerah berkolaborasi dalam menentukan sebuah kampung percontohan kampung Pancasila.

Pardomuan yang juga sebagai Ketua Panitia peresmian Kampung Pancasila itu menjelaskan dalam menentukan sebuah kampung Pancasila harus memiliki beberapa indikator toleransi umat beragama yang sangat tinggi di daerah tersebut. Untuk itu Kelurahan Timbang Galung  Kota Pematangsiantar terpilih sebagai pilot project-nya Bapak Danrem 122/PT.

“Untuk tahap awal dipilih Kelurahan Timbang Galung. Fungsi Kampung Pancasila adalah untuk mengembalikan, mengaktualisasi dan merevitalisasi nilai-nilai keluhuran yang terdapat dalam butir-butir Pancasila. Di mana secara kasat mata nilai-nilai tersebut semakin berkurang di kalangan generasi muda kita,” jelasnya. 

Dengan ditetapkannya kelurahan Timbang Galung sebagai kampung Pancasila, Pardomuan berharap menjadi titik dan tonggak awal dalam mengembalikan Kota Pematangsiantar ke dalam 10 besar kota toleran se-Indonesia seperti sedia kala karena tokoh-tokoh yang berasal dari Kota Pematangsiantar sungguh memiliki peran dan fungsi yang luar biasa di kancah nasional. 

“Pemilihan tempat ini juga tidak terlepas dari faktor sejarah, bahwa salah seorang putra terbaik bangsa Indonesia yaitu Adam Malik lahir dan besar dari Kelurahan Timbang Galung, tepatnya di Jalan Sipirok. Oleh karena itu tonggak sejarah ini akan menjadi momentum yang sangat penting bagi kita, dan kita semakin bersemangat menyatukan visi dan misi mengamalkan nilai-nilai Pancasila di seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya. 

Usai peresmian kampung Pancasila tersebut Pardomuan berharap akan menjadi contoh dan diikuti daerah lain sehingga semua kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar menjadi kampung Pancasila. 

“Nilai-nilai luhur Pancasila, toleransi dan saling menghargai serta gotong royong hidup dan bertumbuh di tengah-tengah  masyarakat, sehingga negara ini terhindar dari separatisme dan radikalisme,” pungkasnya. (AP/OL-10)


Sumber: Media Indonesia | Kelurahan Timbang Galung, Kampung Pancasila Pertama di Kota Pematangsiantar

Leave a Reply

Your email address will not be published.