• May 31, 2024 2:10 am

Penadah Motor Curian di Bekasi Mantan Napi Teroris MIT Poso

Densus 88 Polri menyatakan tersangka kasus pencurian sepeda motor di Bekasi merupakan mantan narapidana teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur.
Jakarta, CNN Indonesia

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri mengungkapkan bahwa salah satu penadah hasil kejahatan pencurian sepeda motor di Bekasi merupakan mantan narapidana kasus terorisme jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso.

Dalam hal ini, dua tersangka berinisial S alias B (31) dan MAQ (24) itu sebelumnya ditangkap Polsek Tarumajaya usai kepolisian mengembangkan penangkapan tersangka curanmor d iBekasi.

“MAQ itu mantan napi kasus terorisme kelompok MIT Poso. Sedangkan S temannya MAQ,” kata Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar saat dikonfirmasi, Minggu (6/2).

Ia menjelaskan bahwa MAQ ditangkap oleh kepolisian dalam kasus terorisme pada 2016 lalu. Kala itu, dia berperan sebagai perakit senjata. MAQ telah bebas menjalani masa pidananya pada 2020.

Densus 88 belum terlibat dalam pengembangan perkara yang melibatkan tersangka pencurian motor tersebut lantaran masih bersifat pidana umum.

Namun, Aswin menerangkan bahwa Detasemen berlambang burung hantu itu tetap melakukan pemantauan dan deradikalisasi terhadap MAQ yang merupakan mantan narapidana teroris.

“Kami menunggu kalau dari penyidik. Penyidik yang menyidik itu memiliki informasi nanti keterkaitan mereka dengan aktivitas lain bukan sekedar cuma curi motor gitu, baru nanti (dilakukan pengembangan). Karena sekarang kan masih ditahan penyidik Polres, bukan kami yang tangani,” tambah dia.

Sebelumnya, Kapolsek Tarumajaya, AKP Edy Suprayitno mengatakan bahwa tersangka S dan MAQ ditangkap mereka menadah motor hasil curian dua remaja berinisial A (13) dan B (14) di Bekasi.

Edy mengatakan bahwa kedua tersangka itu merupakan terduga teroris yang sedang dicari oleh Densus 88. Menurutnya, S merupa mantan narapidana yang memiliki tugas mengantar logistik kepada keluarga napi yang masih berada di dalam tahanan.

“Keduanya adalah target Densus 88,” kata Edy sebagaimana dikutip dari detik.com, Minggu (6/2).

Namun demikian, saat ini pengembangan terkait kasus dugaan tindak pidana terorisme itu masih dilakukan. Penyidik, kata dia, baru menyematkan pasal pelanggaran tindak pidana pencurian motor.

(mjo/bmw)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Penadah Motor Curian di Bekasi Mantan Napi Teroris MIT Poso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *