• April 25, 2024 12:54 am

Kapolres Merauke Ikut Bantu Kemandirian Masyarakat Asli Papua Lewat Beragam Pelatihan 

SELAIN menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di tanah Papua, Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji juga memiliki sisi humanis dan berjiwa sosial kepada masyarakat luas di bumi cendrawasih, diluar sosoknya sebagai seorang polisi atau anggota korps bhayangkara. 

Disela-sela kesibukannya sebagai orang nomor satu di Polres Merauke semenjak 13 Oktober 2020 lalu, AKBP Untung Sangaji selalu menyempatkan diri untuk berbaur dengan masyarakat luas dari segenap lapisan usia melalui berbagai kegiatan sosial. 

“Hari ini saya membagi-bagikan beberapa kaos kepada masyarakat yang tengah mengikuti pelatihan membuat kancing dari batok kelapa. Apa yang saya lakukan semata-mata agar masyarakat asli Papua bisa mandiri dan bersaing dengan saudara-saudaranya dari berbagai provinsi lainnya khususnya dalam bidang ekonomi,” ungkap Untung Sangaji. 

Selain memberikan pelatihan cara membuat kancing dari batok kelapa, Untung juga menjelaskan, dirinya beserta jajaran Polres Merauke juga memberikan pelatihan cara membuat minyak kelapa, batako dari limbah kelapa sawit, pengembangan budidaya ikan bandeng, budidaya menanam pisang, memberi bantuan bibit ternak serta membantu membangun rumah ibadah. 

Hasil dari pelatihan ekonomi kreatif yang telah dijalankan Untung hampir 1,5 tahun lamanya tersebut, saat ini sebagian masyarakat Merauke sudah bisa mandiri. 

“Kita sudah menciptakan home industry bagi 6 suku asli Papua, ada sekitar 175 orang yang tengah dilatih untuk mengelola limbah dan hasilnya sudah dapat kita rasakan saat ini,” papar Untung. 

Tidak hanya menciptakan ekonomi kreatif, Untung Sangaji juga melakukan terobosan besar dengan membeli tanah seluas 40 hektare di wilayah distrik tanah miring. Tanah tersebut rencananya akan dibangun sebuah kawasan perumahan bagi anggota Polres, Batalyon Brimob, Densus 88, wartawan Merauke, pemerhati lingkungan bersih, perwakilan pengrajin home industri serta perwakilan guru sekolah SD.

Baca juga : Muhammadiyah Tinjau Ulang Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka

Apa yang dilakukan oleh AKBP Untung Sangaji yang merupakan lulusan Sekolah Perwira (SEPA) 1995 juga tidak berhenti pada kegiatan sosial yang bersifat keekonomian dalam memberdayakan UMKM namun Untung juga banyak membina anak-anak jalanan di Merauke agar memiliki keterampilan. 

“Selain memberdayakan warga Merauke dari sisi ekonomi, saya juga banyak membina anak-anak jalanan. Diluar memberi keterampilan membaca dan menulis, memberi sembako, berdiskusi juga sering dilakukan terkait situasi keamanan di Papua,” jelas Untung. 

Dengan semakin seringnya bertemu dengan masyarakat Merauke secara langsung dan melakukan diskusi secara intensif, Untung mengaku semakin banyak informasi yang didapat dalam mengungkap berbagai kasus kejahatan. 

“Transaksi jual beli senjata api, rencana upaya mengganggu jalannya perhelatan PON oleh kelompok yang diduga teroris serta sejumlah kasus besar lainnya bisa diungkap berkat melakukan komunikasi yang intensif dengan warga Papua,” tegas AKBP Untung Sangaji. 

Seperti diketahui sebelumnya AKBP Untung Sangaji merupakan polisi yang pernah melumpuhkan teroris dikawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada 2016 silam. Aksi heroiknya begitu viral ketika Untung melakukan baku tembak dengan pelaku teror bom Sarinah. 

Bahkan baru-baru ini Untung Sangaji mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM melalui Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Merauke karena turut membantu menangkap narapidana yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan. Selain itu, AKBP Untung Sangaji juga pernah meraih penghargaan dari PBB serta dari menteri pertahanan Singapura terkait penanganan insiden 185 tahun 1997. (RO/OL-7)


Sumber: Media Indonesia | Kapolres Merauke Ikut Bantu Kemandirian Masyarakat Asli Papua Lewat Beragam Pelatihan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *