• April 12, 2024 6:21 pm

AS Izinkan Bank Global Transfer Dana Bantuan ke Afghanistan

AMERIKA Serikat (AS) mengizinkan bank-bank internasional mentransfer uang ke Afghanistan untuk tujuan kemanusiaan dan kelompok-kelompok bantuan diizinkan untuk membayar guru serta petugas kesehatan di lembaga-lembaga yang dikelola negara tanpa takut melanggar sanksi terhadap Taliban.

Departemen Keuangan AS menawarkan panduan tentang pengecualian sanksi yang dikeluarkan pada bulan September dan Desember 2021 untuk pekerjaan kemanusiaan di Afghanistan.

PBB mengatakan lebih dari setengah dari 39 juta orang di negara itu menderita kelaparan ekstrem dan ekonomi, pendidikan, serta layanan sosial menghadapi kehancuran.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pekan lalu memperingatkan Afghanistan sedang menggantung di seutas benang.

Taliban yang telah lama dimasukkan dalam daftar hitam oleh AS sebagai kelompok teroris, merebut kekuasaan dari pemerintah Afghanistan yang didukung internasional pada Agustus.

Miliaran dolar AS dalam cadangan bank sentral Afghanistan dan bantuan pembangunan internasional dibekukan untuk mencegahnya jatuh ke tangan Taliban.

Baca juga: Uni Eropa Bangun Fasilitasi Bantuan Kemanusiaan di Afghanistan

Bank-bank internasional telah waspada terhadap Afghanistan dan PBB serta kelompok-kelompok bantuan sedang berjuang untuk mendapatkan cukup uang ke negara itu untuk mendanai operasi.

Departemen Keuangan AS mengatakan bank dapat memproses transaksi yang terkait dengan operasi kemanusiaan termasuk kliring, penyelesaian, dan transfer melalui, ke, atau melibatkan lembaga penyimpanan Afghanistan milik swasta dan milik negara.

Hal Itu juga menguraikan transaksi yang diizinkan yang melibatkan Taliban, yang mencakup Jaringan Haqqani yang juga masuk daftar hitam.

Ini termasuk menandatangani perjanjian untuk memberikan bantuan langsung kepada rakyat Afghanistan, koordinasi bantuan umum, termasuk administrasi impor, dan berbagi ruang kantor.

“Pembayaran pajak, biaya, atau bea masuk ke, atau pembelian atau penerimaan izin, lisensi, atau layanan utilitas publik dari Taliban, Jaringan Haqqani atau entitas mana pun di mana mereka memiliki lebih dari 50%, diizinkan untuk operasi kemanusiaan,” kata Departemen Keuangan AS. 

Dikatakan juga bahwa kelompok bantuan diizinkan untuk mengirimkan uang tunai ke Afghanistan untuk operasi kemanusiaan dan dapat melakukan pembayaran langsung kepada petugas kesehatan dan guru di rumah sakit umum dan sekolah. (Aiw/Aljazeera/OL-09)


Sumber: Media Indonesia | AS Izinkan Bank Global Transfer Dana Bantuan ke Afghanistan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *