• August 13, 2022 11:30 pm

Mengenal Manfaat Propolis Bagi Kesehatan 

APA itu propolis? Mungkin sebagian tidak asing dengan kata propolis ini. Propolis adalah produk sampingan berupa getah yang dihasilkan oleh lebah madu. 

Ketika lebah mencampurkan getah pohon dengan zat alami dari dalam tubuh, lebah akan menghasilkan zat lengket berwarna coklat kehijauan untuk melapisi sarang mereka. Zat lengket berwarna cokelat kehijauan itulah yang disebut dengan propolis. 

Lebah madu akan mengumpulkan getah dari berbagai tanaman untuk mengisi celah dan lubang-lubang pada sarang mereka. Hal ini dilakukan untuk melindungi sarang dari ancaman luar, seperti mikroba dan hewan pemangsa.

Baca juga: Ini Tiga Metode Terapi untuk Pasien Kanker Paru

Di dalam kandungan propolis terdapat karbohidrat, lemak, protein, magnesium, kalium, nutrium, zat besi, antioksidan polifenol dan flavonoid, minyak esensial, vitamin C dan E. 

Propolis juga mempunyai kandungan nutrisi yang sama dengan madu sehingga propolis banyak digunakan sebagai obat kesehatan dan kecantikan.

Beberapa manfaat propolis diantaranya adalah:

1. Menyembuhkan luka di kulit 

Hal ini berkat kandungan zat di dalam propolis yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.

2. Mengontrol kadar gula darah dan kolestrol 

Propolis dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Propolis juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Efek ini menjadikan propolis baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

3. Mengatasi radang gusi 

Ha ini berkat adanya kandungan zat yang memiliki efek antibakteri dan antiradang 

4. Meredakan nyeri dan pembengkakan pada sendi 

Nyeri dan pembengkakan pada sendi sering kali disebabkan oleh peradangan, misalnya pada penyakit osteoarthritis. Dengan adanya propolis, dipercaya bisa dijadikan sebagai obat akan penyakit tersebut.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker 

Propolis memiliki senyawa antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa antioksidan ini juga berperan penting dalam menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Menguatkan daya tahan pada tubuh

7. Menjaga fungsi kesehatan otak 

Propolis juga bermanfaat untuk kesehatan dan fungsi otak. Zat antiradang dan antioksidan pada propolis diketahui dapat mendukung proses perbaikan jaringan saraf dan otak, serta meningkatkan daya ingat.

Memang banyak sekali manfaat mengonsumsi propolis ini, namun tidak semua orang dapat mengonsumsi propolis, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi badan kita dan mencari informasi lebih dalam tentang mengonsumsi propolis. 

1. Penderita Asma 

Bahan kimia dalam propolis dapat memperburuk asma bagi si penderita. Selain itu, jika kalian memiliki alergi terhadap produk lebah sebaiknya hindari konsumsi propolis.

2. Gangguan pendarahan 

Senyawa yang terkandung dalam propolis mungkin dapat mengganggu proses pembekuan darah, sehingga  bisa berisiko mengalami perdarahan.

3. Ibu hamil atau menyusui 

Belum banyak riset yang menunjukkan efek dan keamanan propolis pada ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, ibu hamil atau menyusui sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi propolis. (OL-1)


Sumber: Media Indonesia | Mengenal Manfaat Propolis Bagi Kesehatan 

Leave a Reply

Your email address will not be published.