• July 16, 2024 3:52 am

18 eks simpatisan JI di Kabupaten Poso ikrar setia kepada NKRI

18 eks simpatisan JI di Kabupaten Poso ikrar setia kepada NKRI

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Poso, Sulteng (ANTARA) –

Sebanyak 18 eks simpatisan Jamaah Islamiyah (JI) di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah mengucapkan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berlangsung di Polres Poso, Rabu.

Pengucapan ikrar disaksikan Bupati Poso Verna G M Ingkriwang bersama unsur Forkopimda, pejabat utama Polda Sulteng.

 

“Polda Sulteng beserta jajaran menyambut gembira dan sangat antusias atas penyelenggaraan acara ikrar yang penuh makna serta membawa misi mulia,” kata Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho di Poso.

 

Ia mengemukakan TNI/Polri, pemerintah dan tokoh agama serta masyarakat menjadi saksi bahwa eks simpatisan JI Poso dengan penuh kesadaran dan keikhlasan hati kembali ke pangkuan ibu pertiwi dan berikrar setia kepada NKRI.
 

“Langkah ini adalah bukti nyata dari semangat persatuan dan cinta tanah air yang terus menyala dalam diri semua warga negara,” ucapnya.

Menurut dia momen ikrar terasa lebih bermakna karena dilaksanakan menjelang hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

 

“Hal ini dapat dimaknai bersama akan adanya kedekatan dan kepercayaan saudara-saudara semua yang berikrar kepada institusi Polri,” ujarnya.

 

Sementara itu Bupati Poso Verna G M Inkiriwang mengatakan ikrar kesetiaan menggambarkan komitmen untuk terus memperjuangkan dan menjaga keutuhan, kedaulatan, serta keberagaman bangsa Indonesia.
 

“Apa yang diikrarkan oleh saudara-saudara sekalian merupakan bentuk kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tuturnya.

eks simpatisan Jamaah Islamiyah (JI) di Kabupaten Poso menghormati bendera merah putih pada rangkaian ikrar setia kepada NKRI berlangsung di Aula Andi Sappa Polres Poso, Rabu (12/6/2024). ANTARA/HO- Humas Polda Sulteng

Menurut Verna berikrar juga berarti suatu tekad untuk setia kepada bangsa dan negara termasuk di dalamnya mendukung pembangunan yang berkelanjutan, menghormati perbedaan dan mengedepankan persatuan dalam keberagaman.
 

Oleh sebab itu ia berharap eks simpatisan JI dapat memberikan kontribusi dalam memajukan pembangunan daerah, termasuk mencegah timbulnya paham-paham radikalisme di wilayah tersebut

 

“Bagi saudara-saudara yang telah menyatakan ikrar ini harus mengimplementasikan dalam kehidupan sosial bermasyarakat, dan kami mengapresiasi langkah ini untuk kebutuhan NKRI,” kata dia.

Kegiatan yang diprakarsai tokoh Agama Kabupaten Poso Ustad Adnan Arsal yang juga pembina Yayasan Amanatul Ummah ini sekaligus bagian dari rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78 Polda Sulteng.

Baca juga: Sebanyak 30 anggota JI di Maluku sudah ikrar setia kepada NKRI

Baca juga: Wagub Jatim saksikan 15 mantan anggota JI ikrar setia NKRI

Pewarta: Mohamad Ridwan/Kristina Natalia
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “18 eks simpatisan JI di Kabupaten Poso ikrar setia kepada NKRI” pada 2024-06-12 14:17:14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *