• July 16, 2024 4:37 am

Kodam Mulawarman persiapkan pengamanan VVIP HUT RI di Kota Nusantara

Kodam Mulawarman persiapkan pengamanan VVIP HUT RI di Kota Nusantara

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Balikpapan (ANTARA) –

Komando Daerah Militer atau Kodam VI/Mulawarman mempersiapkan pengamanan very verry important person (VVIP) peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia pada 17 Agustus 2024.

 

Sebagai komando utama kewilayahan teritorial yang mencakup Kota Nusantara, melakukan persiapan untuk pelaksanaan upacara kemerdekaan di ibu kota negara baru Indonesia, ” jelas Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman Kolonel Kav Kristiyanto di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis,


Berbagai persiapan, antara lain,  katanya dengan menyiapkan prajurit sebagai pasukan pengaman VVIP kegiatan upacara kenegaraan itu.

 

Kodam VI/Mulawarman didukung Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT), serta Kepolisian Daerah (Polda), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Timur.

 

Kemudian Kodam VI/Mulawarman bakal melakukan kolaborasi dengan prajurit dari Kodam lainnya, kata dia, untuk melakukan pengamanan VVIP peringatan HUT RI ke-79 di Kota Nusantara itu.

 

Kodam VI/Mulawarman juga melakukan koordinasi dengan Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk persiapan upacara kemerdekaan pertama kalinya di Istana Negara ibu kota negara baru Indonesia, yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

 

Rapat koordinasi dengan satuan jajaran TNI dilakukan secara maraton, menurut dia, salah satunya menyangkut pergeseran pasukan peserta upacara dan alat utama sistem senjata (Alutsista) dari Jakarta menuju Kota Nusantara.

 

Pengiriman munisi hampa meriam 105 mm yang digunakan untuk tembakan penghormatan detik-detik proklamasi dari Pelabuhan Tanjung Priok Kota Jakarta menuju Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan, lanjut dia, sudah dilakukan dengan pengawalan ketat pada Senin (22/4).

 

TNI Angkatan Darat (AD) melaksanakan seleksi komandan upacara, komandan kompi pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) dan pembawa acara (master of ceremony/MC) untuk bertugas pada upacara kemerdekaan di Kota Nusantara, yang lulus seleksi diumumkan pada 30 April 2024.

 

“Jadwal latihan Paskibra pada 22-31 Juli 2024 dilakukan di Kota Cibubur, dan pada 10-16 Agustus 2024 latihan Paskibra dilakukan di Kota Nusantara,” ucapnya.

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Kodam Mulawarman persiapkan pengamanan VVIP HUT RI di Kota Nusantara” pada 2024-04-25 12:07:57

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *