• July 24, 2024 3:00 am

Panglima TNI: Kelompok Separatis Siapkan Agenda Gagalkan Pilkada Papua

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan kelompok separatis memiliki agenda menggagalkan Pilkada di wilayah Papua.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan kelompok separatis memiliki agenda menggagalkan Pilkada di wilayah Papua.

Hal itu disampaikan Agus dalam rapat dengan Komisi I DPR RI, Kamis (21/3). Agus mengatakan agenda menggagalkan Pilkada untuk delegitimasi NKRI dan mencari perhatian dunia internasional.

“Di wilayah Papua, kelompok separatis teroris terpantau mempunyai agenda menggagalkan pilkada untuk mendelegitimasi NKRI serta mencari perhatian dunia internasional,” kata Agus.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia mengatakan pada periode Maret 2024, aksi kelompok separatis teroris terjadi di tujuh wilayah yakni Maybrat (Papua Barat Daya), Puncak, Puncak Jaya, Intan Jaya (Papua Tengah), Nduga, Yahukimo, Pegunungan Bintang (Papua Pegunungan).

“Meningkatnya aksi KST dipengaruhi oleh akan datangnya penyelenggaraan pemilu serentak, adanya caleg atau paslon yang berafiliasi dengan kelompok KST, apabila kalah dalam perolehan suara memiliki kemungkinan akan melakukan aksi gangguan keamanan yang lebih besar,” ujarnya.

Dalam paparannya, Agus mengatakan Badan Intelijen Strategis TNI telah memetakan 15 provinsi dengan tingkat kerawanan tinggi pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024. Enam provinsi di antaranya berada di Papua.

Sementara sembilan provinsi lain adalah Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku dan Maluku Utara.

Agus menjelaskan tiap provinsi itu memiliki jenis kerawanan yang berbeda-beda. Mulai dari potensi konflik isu sara ataupun bentrok antar pendukung fanatik.

(yoa/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Panglima TNI: Kelompok Separatis Siapkan Agenda Gagalkan Pilkada Papua” pada 2024-03-21 19:56:43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *