• July 16, 2024 3:23 am

Argentina Kirim Pasukan Federal untuk Mengatasi Kekerasan Narkoba di Kota Rosario

Argentina Kirim Pasukan Federal untuk Mengatasi Kekerasan Narkoba di Kota Rosario

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Argentina mengumumkan pengiriman pasukan federal ke Rosario, kota terbesar ketiga di negara ini, untuk menghadapi geng narkoba.(AFP)

ARGENTINA mengumumkan mengirimkan pasukan federal ke kota Rosario, menghadapi geng narkoba yang disalahkan atas kematian empat penonton tak berdosa dalam beberapa hari terakhir.

Presiden Javier Milei menulis di platform media sosial X bahwa tindakannya sebagai respons terhadap permintaan dari gubernur provinsi Santa Fe, yang ibukotanya adalah Rosario.

Rosario, sebagai kota terbesar ketiga di negara ini dengan populasi 1,3 juta, terletak di Sungai Parana, menjadikannya pusat pergerakan narkoba dari Bolivia, Brasil, dan Paraguay menuju Eropa dan Asia.

Baca juga : Rivalitas Dua Perempuan Tangguh dalam Pemilu Meksiko

Kepolisian federal dan pasukan bersenjata menuju Rosario di Argentina bagian tengah setelah empat orang tewas minggu lalu dalam kekerasan yang disalahkan pada geng perdagangan narkoba – dua sopir taksi, seorang sopir bus, dan seorang karyawan pom bensin.

Pemerintah provinsi mengatakan geng tersebut memberikan balasan, setelah gubernur memberlakukan kondisi penjara yang lebih keras bagi tahanan terkenal yang menjalani hukuman atas pelanggaran narkoba.

Dalam pembunuhan pekerja pom bensin, para penyerang meninggalkan catatan di mana mereka menuntut “hak-hak bagi narapidana di penjara” dan mengancam akan membunuh lebih banyak orang tak berdosa.

Baca juga : Petahana Nayib Bukele Unggul dalam Pemilihan El Salvador

“Pelaku intelektual dan pelaku serangan ini, yang tanpa ragu kami sebut sebagai teroris, berusaha untuk mendapatkan hak istimewa yang mereka miliki sebelumnya: menggunakan ponsel, kunjungan konjugal tanpa batas, dan terutama merencanakan dan melaksanakan kejahatan dari dalam penjara,” demikian pernyataan pemerintah provinsi pada hari Minggu.

Merasa muak dengan kerusuhan geng terkait narkoba, minggu lalu gubernur Santa Fe Maximiliano Pullaro merilis sejumlah foto tahanan tanpa baju dan terkendali di bawah pengawasan polisi yang bersenjata berat.

Itu setelah rilis foto-foto tersebut bahwa geng narkoba memberikan balasan dengan serangan yang meninggalkan empat penonton tewas.

Baca juga : 68 Orang Ditangkap di Ekuador Setelah Serangan ke Rumah Sakit

Gubernur juga berjanji untuk menyelesaikan pembangunan penjara keamanan maksimum yang tertunda lama.

Langkah-langkah tersebut membuat sebagian orang menuduhnya “Bukelization” – frasa dalam bahasa Latin Amerika yang merujuk pada taktik pemberantasan geng dari Presiden El Salvador yang keras Nayib Bukele.

Pullaro mengatakan kondisi lebih keras yang diberlakukan pada narapidana, khususnya bos geng narkoba, membuatnya mendapatkan 25 ancaman kematian sejak ia menjabat dua bulan lalu.

Rosario memiliki tingkat pembunuhan lima kali lipat dari rata-rata nasional. Ini juga merupakan tempat kelahiran bintang sepakbola Lionel Messi. (AFP/Z-3)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Argentina Kirim Pasukan Federal untuk Mengatasi Kekerasan Narkoba di Kota Rosario” pada 2024-03-11 06:05:44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *