• July 24, 2024 3:58 am

5 Narapidana Teroris di Rutan Salemba Berikrar Cinta NKRI

ByRedaksi PAKAR

Mar 1, 2024
5 Narapidana Teroris di Rutan Salemba Berikrar Cinta NKRI

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Napiter di Rutan Salemba ikrar cinta NKRI(Medcom/Christian)

LIMA narapidana kasus terorisme yang sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA atau Rutan Salemba menyampaikan ikrar setia mereka kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Jumat (1/3).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Tonny Nainggolan mengungkapkan bahwa tindakan ini mencerminkan keberhasilan upaya pembinaan terhadap narapidana. Ia menekankan bahwa hal tersebut tidak mengurangi kerjasama yang positif dengan aparat penegak hukum, Kementerian Agama, Densus 88, dan BNPT.

Para narapidana, selain membacakan ikrar setia kepada NKRI di bawah Al-Quran, juga melakukan tindakan simbolis dengan mencium dan memberikan penghormatan kepada bendera merah putih, serta menandatangani berita acara.

Baca juga : Tangkal Terorisme, BNPT Luncurkan Warung NKRI Digital di Klaten

Tonny menegaskan bahwa melalui ikrar ini, para narapidana menunjukkan kesiapan mereka untuk mencintai NKRI dan bersama-sama menjaga Pancasila, dengan menghormati beragam pendapat yang ada.

Pembacaan ikrar tersebut juga menandakan pemahaman para narapidana bahwa Pancasila bukan hanya sebagai dasar negara Indonesia, tetapi juga sebagai pandangan hidup, ideologi nasional, dan perekat Bangsa Indonesia.

Benny Hidayat, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Salemba Kelas II A Jakarta Pusat, menambahkan bahwa kelima narapidana tersebut berasal dari NII (Negara Islam Indonesia) dan JI (Jemaah Islamiyah). Ia menjelaskan bahwa tujuan dari ikrar ini adalah untuk memastikan bahwa mereka sepenuhnya memasukkan diri ke dalam keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tanpa adanya paksaan, melainkan sebagai keputusan yang dilakukan atas kemauan mereka sendiri. (Z-10)

 

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “5 Narapidana Teroris di Rutan Salemba Berikrar Cinta NKRI” pada 2024-03-01 15:35:39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *