• April 20, 2024 8:01 am

Rapim Polri Pengamanan Mudik dan Pilkada Dihadiri Tito hingga BNPT

Selain diikuti para pejabat utama Mabes Polri, Rapim pengamanan Mudik dan Pilkada 2024 juga dihadiri Mendagri Tito, Kepala BNPT, Menpan, hingga Kompolnas.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Mabes Polri menggelar rapat pimpinan (Rapim) terkait pengamanan agenda Mudik Lebaran 1445 Hijriah dan Pilkada serentak 2024 di Hotel Tribrata, Jakarta Selatan, pada Kamis (29/2).

Rapim ini dihadiri para Pejabat Utama Mabes Polri dan para Kapolda wilayah. Selain itu Rapim Polri itu juga turut dihadiri Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza, Menteri Dalam Negeri Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, hingga Ketua Harian Kompolnas Irjen Pol (Purn) Benny Mamoto.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjelaskan rapat ini merupakan rangkaian kegiatan dari Rapim TNI-Polri yang sebelumnya sempat dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2) kemarin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Listyo mengatakan dalam rapat tersebut dirinya juga telah meminta seluruh jajaran di tingkat Mabes maupun Polda Wilayah agar dapat menindaklanjuti arahan yang telah disampaikan presiden sebelumnya.

“Saat ini kita sedang memasuki tahapan Pilpres. Namun di sisi lain kita juga tetap memiliki tugas-tugas pokok yang harus kita kawal dan kita jaga,” ujarnya dalam konferensi pers.

Listyo mewanti-wanti seluruh anggota Korps Bhayangkara untuk mempersiapkan betul pengamanan bulan suci Ramadan hingga proses mudik yang diperkirakan bakal berlangsung dalam suasana Pemilu 2024.

Ia meminta agar kedua agenda besar tersebut diberikan perhatian khusus sehingga tidak ada ancaman ataupun gejolak di masyarakat.

“Sebentar lagi akan masuk bulan Ramadan di bulan Maret. Ini membutuhkan perhatian khusus karena akan terjadi pergerakan mudik yang sangat besar, yang tentunya juga harus mampu kita amankan,” tuturnya.

Tidak ketinggalan, Listyo juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk mulai mempersiapkan pengamanan Pilkada serentak di pelbagai wilayah.

“Ada 37 provinsi yang harus melaksanakan kegiatan Pilkada dan juga kabupatennya. Ini semua butuh kesiapan dari Polri khususnya sebagai penanggungjawab kamtibmas,” kata jenderal bintang empat itu.

(tfq/kid)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Rapim Polri Pengamanan Mudik dan Pilkada Dihadiri Tito hingga BNPT” pada 2024-03-01 05:20:05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *