• July 24, 2024 3:05 am

Kemenkumham Sulteng Jamin Makanan dan Minuman untuk WBP Terstandarisasi dengan Baik

ByRedaksi PAKAR

Feb 19, 2024

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Penandatanganan kerja sama Kemenkumham dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng.(DOK KEMENKUMHAM SULTENG)

SELURUH petugas pemasyarakatan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, akan diberi pelatihan tata boga dan jasa boga sehingga bisa memberikan layanan kesehatan prima kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui layanan makanan/minuman yang terstandarisasi baik.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar mengatakan, untuk menjalankan pelatihan tata boga dan jasa boga itu, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng.

Sehingga, melalui kerja sama tersebut, petugas pemasyarakatan yang ada di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) se-Sulteng, bisa mengikuti dan diharapkan segera mengimplementasikan hasil pelatihan yang diterima.

Baca juga : Penyelundupan Sabu-Sabu ke Lapas Luwuk Digagalkan

“Kerja sama itu merupakan salah satu dari implementasi komitmen bersama antara Kemenkumham dan Pemerintah Sulteng dalam membangun daerah,” terangnya di Palu, Senin (19/2).

Menurut Hermansyah, dengan adanya komitmen tersebut dinilai bisa menguatkan tercapainya rencana aksi nasional Direktorat Jenderal Pemasyarakatan guna memberikan layanan kesehatan yang prima bagi seluruh WBP melalui layanan makanan dan minuman yang terstandarisasi baik.

”Ini jadi penguat atas komitmen kita bersama dalam membangun daerah ini. Pelatihan tata boga dan jasa boga sangatlah berfokus pada dari kualitas layanan makanan, dari kondisi dapur, bahan makanan, hingga cara masaknya pun menjadi poin penting untuk kita penuhi dengan baik,” imbuhnya.

Baca juga : Kepala BNPT Usul Masa Hukuman Napiter hingga Cara Pikir Berubah

Sementara itu, Kepala Dinkes Sulteng, Komang Adi Suhendra mengaku, kerja sama dengan sangat baik. Terlebih terkait persoalan kesehatan makanan dan minuman WBP.

Oleh karena itu, ia akan mendukung pelbagai program pemenuhan hak kesehatan bagi WBP di seluruh satuan kerja Kemenkumham Sulteng.

“Komitmen Kemenkumham Sulteng memiliki tujuan yang baik. Sehingga melalui pelatihan tersebutbisa meningkatkan kapabilitas para petugas pemasyarakatan yang nantinya diharapkan dapat memberikan layanan makanan dan minuman yang bermutu tinggi untuk seluruh WBP,” paparnya. 

Baca juga : Rutan Medan Pindahkan Puluhan Napi ke Lapas Pemuda Langkat

Suhendra menilai, WBP adalah aset daerah yang perlu dijaga kesehatannya. Meski berada di dalam lembaga pemasyarakatan, makanan dan minuman yang higienis dan bergizi tinggi wajib mereka terima. “Kami pastikan kerja sama ini akan memberi dampak yang baik untuk seluruh WBP di Sulteng,” tandasnya. (Z-6)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “Kemenkumham Sulteng Jamin Makanan dan Minuman untuk WBP Terstandarisasi dengan Baik” pada 2024-02-19 20:40:41

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *