• July 16, 2024 3:19 am

Polri: 10 Teroris di Solo Raya Terafiliasi Jemaah Islamiyah

Densus 88 dikabarkan menggelar operasi penangkapan terduga teroris di Sragen dan Solo Raya, Jawa Tengah. Polres Sragen membenarkan operasi penangkapan ini.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)


Jakarta, CNN Indonesia

Densus 88 Antiteror Polri mengungkap mengungkap peran sepuluh teroris yang ditangkap di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah, pada Kamis (25/1).

Karo Penmas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut sepuluh tersangka teroris tersebut diduga terafiliasi dengan kelompok teror Jemaah Islamiyah (JI).

Sepuluh tersangka itu antara lain S alias M, M alias R, T alias A, P alias K, N alias A, T alias J, E alias W, N, SU dan MU. Rinciannya satu tersangka di Karanganyar, tiga di Boyolali, lima di Sukoharjo, dan satu di Surakarta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sepuluh terduga teroris ditangkap di tempat berbeda di wilayah Jawa Tengah. Sepuluh orang kelompok ini tergabung dalam Qodimah wilayah timur struktur JI,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (26/1).

Berdasarkan perannya, ia menyebut sepuluh pelaku teror itu bertugas untuk operasional kelompok JI. Mulai dari fasilitator kegiatan, penyembunyian DPO, hingga pencarian dana.

Trunoyudo menambahkan mereka juga dinilai terlibat dalam proses penyediaan logistik berupa senjata api dan senjata tajam hingga pelatihan terhadap para anggota dan rekrutan JI.

Lebih lanjut, ia mengatakan penyidik masih terus melakukan pemeriksaan secara intensif untuk mendalami peran dan keterlibatan masing-masing tersangka. Serta melakukan uji laboratorium terhadap barang bukti yang disita.

“Melakukan koordinasi dengan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri, meminta keterangan ahli terhadap barang bukti yang disita dan melakukan penahanan terhadap tersangka,” pungkasnya.

(tfq/isn)

[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Polri: 10 Teroris di Solo Raya Terafiliasi Jemaah Islamiyah” pada 2024-01-27 02:35:31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *