• July 16, 2024 3:04 am

Sepekan, serba-serbi debat ketiga hingga Khofifah gabung TKN

Sepekan, serba-serbi debat ketiga hingga Khofifah gabung TKN

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA dalam sepekan terakhir, yakni 7–13 Januari 2024, mulai dari serba-serbi debat ketiga Pilpres 2024 yang diselenggarakan oleh KPU RI hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi gabung dengan TKN Prabowo-Gibran.

Berikut rangkuman berita bidang politik sepekan untuk kembali Anda simak.

1. Ganjar tekankan pentingnya reformasi kepolisian atasi masalah keamanan

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya pelaksanaan reformasi kepolisian di Tanah Air untuk menuntaskan berbagai persoalan keamanan, terorisme, penyalahgunaan narkoba, pinjaman dan judi online, kekerasan seksual, bahkan kejahatan pencucian uang.

“Reformasi kepolisian betul-betul harus (mampu) mengantisipasi ini (berbagai persoalan keamanan),” kata Ganjar saat memaparkan visi dan misi serta program kerja dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

Selengkapnya di sini.

2. PBNU kecam mantan ketua PWNU Riau atas pencatutan deklarasi dukungan

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengecam mantan Ketua PWNU Riau, Rusli Ahmad, karena masih membuat surat dengan kop surat dan stempel palsu yang mengatasnamakan organisasi untuk deklarasi dukungan politik praktis.

Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni mengatakan PBNU telah membekukan kepengurusan PWNU Riau Rusli Ahmad sejak Desember lalu. Sebagai gantinya, PBNU telah menunjuk Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Sulaiman Tanjung menjadi pengganti sementara Ketua PWNU Riau.

Selengkapnya di sini.

3. Khofifah penuhi janji gabung ke TKN Prabowo-Gibran

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memenuhi janji soal arah dukungan kepada pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subinato-Gibran Rakabuming Raka, yakni bergabung dengan Tim Kampanye Nasional (TKN).

Khofifah menyatakan kesediaannya bergabung ke tim pemenangan pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 sudah disampaikan kepada Sekretaris TKN Nusron Wahid.

Selengkapnya di sini.

4. Jubir Menhan pastikan anggaran pertahanan tak sampai Rp700 T

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Ahzar Simanjuntak memastikan anggaran pertahanan selama dipimpin oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak sampai Rp700 triliun.

Oleh karena itu, dia menyesalkan pernyataan calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan yang menyebut anggaran pertahanan mencapai Rp700 triliun, karena informasi tersebut menyesatkan.

Selengkapnya di sini.

5. Meski Jokowi minta revisi, KPU tegaskan tak akan ubah format debat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menegaskan pihaknya tidak akan mengubah format debat capres-cawapres Pemilu 2024, termasuk soal pembagian segmen dan durasi debat, karena hal itu sudah disepakati oleh seluruh tim sukses pasangan calon peserta pilpres.

Hasyim menyampaikan penjelasan tersebut untuk menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang meminta debat capres-cawapres perlu diformat lagi setelah melihat Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 pada Minggu lalu (7/1) kurang mengedukasi pemilih karena lebih banyak menyerang sisi personal peserta pilpres.

Selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Sepekan, serba-serbi debat ketiga hingga Khofifah gabung TKN” pada 2024-01-14 07:47:55

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *