• July 24, 2024 4:39 am

Sepekan, Hakordia 2023 sampai refleksi akhir tahun Kemenkumham

Sepekan, Hakordia 2023 sampai refleksi akhir tahun Kemenkumham

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Malang (ANTARA) – Berbagai peristiwa hukum sepekan mulai 11 sampai 16 Desember 2023 menjadi sorotan, di antaranya peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia (Hakordia) 2023 sampai refleksi dan catatan akhir tahun Kementerian Hukum dan HAM RI.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum sepekan yang menarik kembali dibaca:

Presiden Jokowi minta sistem pemberantas korupsi diperkuat

Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia perlu memperkuat sistem pemberantasan korupsi yang meliputi sistem pencegahan, sistem perizinan, dan sistem pengawasan internal.

“Karena korupsi sekarang semakin canggih, semakin kompleks, bahkan lintas negara dan multi-yurisdiksi serta menggunakan teknologi mutakhir,” kata presiden yang akrab disapa Jokowi itu dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

KPK siapkan 3.000 penyuluh antikorupsi tanamkan nilai antirasuah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyiapkan 3.000 penyuluh antikorupsi sebagai upaya pencegahan korupsi jangka panjang dengan fokus pada pendidikan antikorupsi dan penanaman nilai-nilai integritas ke aparat pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

“Penyuluh antikorupsi telah mencapai lebih dari 3.000 orang. Mereka adalah masyarakat yang siap menyuluh kelompok masyarakat lain setelah mendapat pembekalan berupa sertifikasi kompetensi dari KPK. Mereka fokus pada penyuluhan tentang pentingnya antikorupsi di pelbagai lapisan masyarakat,” kata Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

Polisi tetapkan sopir Bus Handoyo tersangka dalam kecelakaan yang tewaskan 12 orang

Kepolisian menetapkan sopir bus Handoyo sebagai tersangka terkait kecelakaan di jalan Tol Cipali, Purwakarta, Jawa Barat yang mengakibatkan 12 orang meninggal dunia.

“Berdasarkan hasil penyelidikan dan gelar perkara, ditetapkan seorang tersangka sopir bus PO Handoyo,” kata Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, di Purwakarta, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini.

Densus Antiteror geledah rumah terduga teroris di Kabupaten Ngawi

Personel Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menggeledah rumah terduga tindak pidana terorisme di Desa Semen, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu, dan menyita sejumlah barang bukti.

Kepala Desa Semen Suyanto mengatakan penggeledahan dilakukan setelah tim Densus 88 menangkap terduga teroris SL (51) yang merupakan warga Tangerang.

Selengkapnya baca di sini.

Yasonna sebut refleksi akhir tahun Kemenkumham jadi momentum evaluasi

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly menyebut bahwa refleksi akhir tahun di kementerian dipimpinnya menjadi momentum untuk evaluasi kinerja selama setahun terakhir.

“Kita harus mengakui bahwa setiap kegagalan menyimpan pelajaran berharga, dan setiap kesuksesan memerlukan dedikasi dan kerja keras,” kata Yasonna sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Sepekan, Hakordia 2023 sampai refleksi akhir tahun Kemenkumham” pada 2023-12-17 09:00:41

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *