• July 24, 2024 4:52 am

Mahfud ingatkan peran penting Sumatera Barat bagi Indonesia

Mahfud ingatkan peran penting Sumatera Barat bagi Indonesia

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md mengingatkan peran penting Sumatera Barat (Sumbar) bagi Republik Indonesia (RI) saat mengisi orasi ilmiah dalam acara Wisuda Universitas Negeri Padang (UNP), Minggu.

Menurut Mahfud, Sumbar adalah penyelamat RI dari kekosongan kekuasaan pascaproklamasi kemerdekaan. Mahfud menjelaskan bahwa setelah Ibu Kota Republik pindah ke Yogyakarta dan Presiden Soekarno ditangkap, Syafruddin Prawiranegara membentuk Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi.

“Sehingga tak ada kekosongan pemerintahan yang berpotensi diambil alih oleh pemerintah penjajahan Belanda. Sumatera Barat ini penyelamat Republik,” kata Mahfud dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Survei: Elektabilitas Prabowo-Gibran stabil lebih dari 50 persen

Baca juga: Round up – Hari ke-19 kampanye Pemilu 2024

Selain itu, ia mengatakan peran penting Sumbar lainnya adalah secara intelektual telah membangun integrasi keislaman dengan nasionalisme keindonesiaan. Menurut dia, cendekiawan nasionalis dan agamis banyak lahir di Tanah Minang.

“Buya Hamka, Mohammad Natsir, Bung Hatta, dan banyak lagi intelektual lainnya yang menghiasi pemikiran dan perjuangan bangsa ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) tersebut.

Oleh sebab itu, pasangan capres Ganjar Pranowo itu mengajak anak muda, terutama mahasiswa, untuk setia dan selalu membela negara.

“Dari mana pun asal kalian, setialah kepada Republik Indonesia. Dari Sumatera Barat inilah, 19 Desember jadi Hari Bela Negara,” katanya.

Ia mengatakan bahwa secara substansi, bela negara masih sangat relevan mengingat ancaman dan tantangan geopolitik Indonesia yang ada di tengah-tengah pertarungan negara-negara besar.

Selain itu, lanjut dia, terdapat ancaman kehancuran terhadap negara seperti radikalisme, terorisme, hingga ancaman ideologis. Bahkan, ditambah praktik korupsi serta hukum dan keadilan yang tidak benar ditegakkan.

“Semua itu penyebab negara hancur. (Oleh karena itu) tumbuhkan sikap patriotisme dan kawal terus penegakan hukum dan keadilan. Salah satunya levelnya, minimal Anda bekerja dengan penuh kejujuran di bidang masing-masing,” kata Mahfud.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Mahfud ingatkan peran penting Sumatera Barat bagi Indonesia” pada 2023-12-17 15:04:02

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *