• July 24, 2024 12:26 am

Perempuan muda NU titip 9 isu perempuan dan anak kepada Prabowo-Gibran

Perempuan muda NU titip 9 isu perempuan dan anak kepada Prabowo-Gibran

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta (ANTARA) – Ketua Pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin (Perdana) Ita Chumaeroh menitipkan sembilan isu terkait dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Indonesia kepada pasangan Prabowo-Gibran.

“Isu terkait dengan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak untuk selanjutnya dapat menjadi perhatian dan program prioritas dalam pemerintahan di bawah kepemimpinan Pak Prabowo dan Mas Gibran,” kata Ita saat acara Deklarasi Pergerakan Perempuan Muda Nadhliyin (Perdana) dukung Prabowo-Gibran untuk menangi Pilpres 2024 di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu.

Ita menyebutkan sembilan isu tersebut, yakni penguatan strategi percepatan penurunan angka stunting, penguatan strategi pencegahan dan penanganan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak, serta peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan dan berperspektif gender.

Selain itu, Ita meminta agar pasangan Prabowo-Gibran dapat meningkatkan strategi pencegahan perkawinan anak dan berupaya menurunkan angka pekerja anak di bawah umur.

“Penguatan nilai-nilai nasionalisme, moderasi beragama, serta Islam rahmatan lil alamin dalam rangka pencegahan radikalisme dan terorisme,” lanjut Ita.

Ia mengatakan bahwa isu peningkatan pola pengasuhan anak yang berkualitas dan berperspektif kesetaraan dan keadilan gender juga perlu mendapat perhatian pasangan Prabowo-Gibran.

Selain itu, Ita mengatakan bahwa isu pendidikan anak di daerah tiga terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) dan literasi digital untuk perempuan juga perlu mendapat perhatian.

“Peningkatan akses pendidikan dan digitalisasi bagi anak daerah terdepan, terluar, dan tertinggal serta penguatan cakap digital untuk perempuan dan anak dalam rangka keamanan di dunia siber,” kata Ita.

Lebih lanjut, Ita mengatakan bahwa dirinya bersama Perdana siap mendukung dan mengawal pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

“Kami pergerakan Perempuan Muda Nahdliyin bermufakat menyatakan sikap dan resolusi bersama untuk mendukung dan memenangkan Pak Prabowo Subianto sebagai Presiden RI masa bakti 2024—2029 dan Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden,” kata dia.

Baca juga: Prabowo-Gibran siap sempurnakan program transformasi kesehatan Jokowi

Baca juga: Pejuang Wadas deklarasikan dukungan kepada Prabowo-Gibran

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Artikel ini telah dimuat di www.antaranews.com dengan Judul “Perempuan muda NU titip 9 isu perempuan dan anak kepada Prabowo-Gibran” pada 2023-12-06 21:33:30

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *