• July 24, 2024 7:16 pm

PPATK Bekukan Sejumlah Rekening Karyawan KAI Tersangka Teroris

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membekukan sejumlah rekening milik karyawan KAI berinisial DE (28) yang menjadi tersangka terorisme.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) membekukan sejumlah rekening milik karyawan KAI berinisial DE (28) yang ditetapkan sebagai tersangka terorisme jaringan ISIS.

Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan pemblokiran dilakukan terhadap rekening milik DE yang ada di beberapa bank yang berbeda. Kendati demikian, Ivan masih enggan merinci lebih jauh ihwal total saldo ataupun jumlah rekening yang telah dibekukan tersebut.

“Ada beberapa rekening yang bersangkutan (dibekukan) di beberapa bank. Miliaran mutasi rekeningnya,” ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (18/8).

Saat ini PPATK masih terus berkoordinasi dengan pihak Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri untuk menelusuri aset-aset dan aliran dana dari DE.

“Kami melaksanakan kewenangan kami sesuai UU Nomor 8/2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang,” pungkasnya.

Sebelumnya Juru Bicara Densus 88 Kombes Aswin Siregar menyebut DE (28) yang terafiliasi jaringan ISIS sudah merencanakan aksi penyerangan ke Mako Brimob atau Mabes TNI.

Dalam keterangannya kepada penyidik, Aswin mengatakan DE mengaku bersemangat dan terinspirasi melakukan aksi amaliyah setelah melihat pemberontakan teroris di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Aswin menyebut pelaku langsung melakukan pelbagai latihan untuk meniru aksi penyerangan. Tersangka DE, kata dia, juga telah merencanakan aksi penyerangan ke Mako Brimob Depok hingga kepada Mabes TNI.

Polisi juga telah menyita total 16 senjata api dari lokasi penangkapan DE. Ia menyebut dari total 16 senjata tersebut 5 diantaranya berjenis laras panjang dan sisanya berjenis laras pendek.

Kendati demikian, Aswin mengatakan pihaknya masih terus mendalami asal-usul senjata yang dimiliki DE tersebut. Termasuk soal apakah pelaku melakukan modifikasi senjata secara mandiri atau tidak.

(tfq/isn)


[Gambas:Video CNN]

Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “PPATK Bekukan Sejumlah Rekening Karyawan KAI Tersangka Teroris” pada 2023-08-18 11:56:31

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *