• June 24, 2024 3:43 am

Mahfud MD: Ponpes Al Zaytun Dulunya Bernama Yayasan NII

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan Pondok Pesantren Al Zaytun dulunya dikelola oleh yayasan bernama Yayasan Negara Islam Indonesia (NII).

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan Pondok Pesantren Al Zaytun dulunya dikelola oleh yayasan bernama Yayasan Negara Islam Indonesia (NII).

Mahfud menyatakan fokus aparat terkait Al Zaytun saat ini adalah mengurusi tindak pidana umum yang tengah didalami oleh pihak berwajib.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk mendalami radikalisme NII Ponpes pimpinan Panji Gumilang itu.

“Karena itu sejarahnya memang tidak bisa disembunyikan. Dulu, itu munculnya itu dari ide kompartemen 9 NII,” ujar Mahfud usai menghadiri acara BNPT di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (5/7).

Kendati demikian, kata Mahfud, dalam perkembangan Al Zaytun hanya terlihat fisiknya sebagai lembaga pendidikan biasa.

“Tetapi di balik itu yang sedang diselidiki karena dulu memang latar belakangnya di situ. Dan itu ada dokumen yayasannya bahwa dulu yayasannya ya namanya itu Yayasan NII. Tapi lalu berubah Yayasan Pendidikan Al Zaytun dan seterusnya,” jelas Mahfud.

Ponpes Al Zaytun belakangan ini jadi perhatian publik karena dinilai terdapat ajaran menyimpang.

Al Zaytun jadi sorotan sejak beredarnya video saf salat Idul Fitri campur antara perempuan dan laki-laki pada April lalu.

Selain itu, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang juga pernah melontarkan sejumlah pernyataan kontroversial yang dianggap menghina agama.

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat (Jabar) telah mengharamkan orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka di Pondok Pesantren Al Zaytun.

Sementara itu Mabes Polri membuka penyidikan dugaan penistaan agama yang dilakukan Panji Gumilang. Penyidik Bareskrim telah memeriksa Panji beberapa waktu lalu.

(pop/gil)


[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Mahfud MD: Ponpes Al Zaytun Dulunya Bernama Yayasan NII” pada 2023-07-05 14:54:48

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *