• June 13, 2024 8:28 am

Unhas Ungkap Keseharian Mahasiswa Hilang Diduga Terkait Radikalisme

Mahasiswa Unhas yang hilang, Fikki Dermawan dikenal sebagia mahasiswa yang memiliki kemampuan bagus di bidang akademik maupun di organisasi.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) angkat bicara soal kabar hilangnya seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fikki Dermawan yang ditengarai ikut organisasi radikal.

Fikki merupakan mahasiswa semester dua. Dia dikenal memiliki kemampuan yang bagus di bidang akademik maupun di organisasi. Bahkan, pada bulan April lalu Fikki berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan (IKAMAHI) se-Indonesia.

“Dia masih semester 2, tapi sudah diikutkan oleh lembaga mahasiswanya untuk ikut pada pertemuan IMAKAHI yang berlangsung di Yogyakarta 15-16 April lalu dan pada pertemuan tersebut, beberapa kali dia menjadi moderator,” kata dosen penasihat akademik Fikki, Fika Yuliza Purba, Jumat (26/5).

Selain aktif dengan organisasi jurusannya, Fikki juga aktif dengan organisasi eksternal kampusnya yakni Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan setiap kegiatan organisasinya Fikki sering menjadi pemateri.

Fika mengaku jika mahasiswanya tersebut memang saat ini masalah, namun hal itu tidak dapat dijelaskan lebih jauh oleh Fikki masalah yang dialaminya.

“Fikki sempat men-chat ibunya yang di Kendari menyatakan mau pergi jauh dan lagi stres dan chat Fikki itu di-forward ibunya ke saya,” ungkapnya.

Sementara itu, rekan kuliah Fikki, Alamsyah mengatakan, bahwa dirinya sempat dihubungi Fikki melalui akun Instagram pada Senin (22/5) lalu, setelah dinyatakan lulus seleksi pengurus dengan mengisi jabatan di bagian SDM IKAMAHI pusat.

“Rapat pengurus 14 Mei lalu, Fikki juga hadir. Kemudian Senin lalu dia menghubungi saya menanyakan alat-alat dan bahan yang mesti dibawa untuk mengikuti salah satu praktikum mata kuliah,” kata Alamsyah.

Terpisah, Ketua Prodi Studi Kedokteran Hewan, Dwi Kesuma mengatakan bahwa Fikki selama ini tidak memiliki masalah dengan kuliahnya. Bahkan, Fikki salah seorang mahasiswa yang cerdas di angkatannya.

“Dari analisa kami sih, tidak ada masalah dengan kampus. Anaknya aktif berorganisasi dan memiliki prestasi akademik cemerlang dengan IPK 3,78,” kata Dwi Kesuma.

Sejak kuliah di Studi Kedokteran Hewan melalui jalur undangan (prestasi), kata Dwi bahwa Fikki sudah memperlihatkan sikap-sikap yang menonjol di antara teman-temannya.

(mir/ain)


[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Unhas Ungkap Keseharian Mahasiswa Hilang Diduga Terkait Radikalisme” pada 2023-05-26 20:38:05

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *