• June 13, 2024 8:48 am

Daftar Mutasi Besar Polri, dari 7 Kapolda Hingga Kepala BNPT

Total 473 perwira tinggi dan menengah yang dirombak Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada akhir Maret lalu.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi besar-besaran di Korps Bhayangkara. Total ada 473 perwira tinggi dan menengah yang dirombak Listyo pada akhir Maret lalu.

Mutasi tersebut tercantum dalam empat Surat Telegram Kapolri. Masing-masing surat tersebut adalah T/712/III/KEP/2023 sebanyak delapan personel, ST/713/III/KEP/2023 sebanyak 155 personel, ST/714/III/KEP 2023 sebanyak 193 personel, dan ST/715/III/KEP/2023 sebanyak 117 personel.

Pada mutasi besar-besaran ini, Listyo menunjuk tiga pejabat utama baru di Mabes Polri. Misalnya, Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto dimutasi dalam rangka pensiun. Listyo kemudian menunjuk Irjen Fadil Imran yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya untuk mengisi posisi tersebut.

Kapolri juga memutasi posisi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel menjadi Pati Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Selain itu, Kapolri juga memutasi posisi Kepala Sekretariat Umum (Kasetum) Brigen Moch Seno Putro dalam rangka pensiun. Posisi Seno akan digantikan oleh Kombes Nanang Chadarusman.

Mutasi ini juga mendapat sorotan setelah Listyo kembali memutasi jabatan Irjen Nico Afinta dari posisinya sebagai Staf Ahli Sosial Budaya (Sahlisosbud) Kapolri sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri.

Sementara, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo kini menempati posisi yang ditinggalkan Nico sebagai Sahlisosbud Kapolri. Selanjutnya, Wakapolda Metro Jaya kini dijabat Brigjen Suyudi Ario Seto.

Pada mutasi besar-besaran ini, Kapolri juga mutasi tujuh Kepala Kepolisian Daerah. Di antaranya adalah penunjukkan Irjen Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan posisi Fadil Imran yang ditunjuk sebagai Kabaharkam.

Selanjutnya, posisi Kapolda Sulawesi Tengah kini dijabat Irjen Agus Nugroho dan Kapolda Jawa Barat Irjen Akhmad Wiyagus.

Kemudian, Kapolri menunjuk Irjen Helmy Santika sebagai Kapolda Lampung, Irjen Angesta Romano Yoyol sebagai Kapolda Gorontalo, Brigjen Pipit Rismanto sebagai Kapolda Kalimantan Barat, dan Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Listyo juga mutasi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar sebagai Perwira Tinggi Densus 88 Antiteror Polri karena telah memasuki masa pensiun.

Boy Rafli memasuki masa pensiun pada bulan Maret lantaran usianya genap 58 tahun. Ia dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Kepala BNPT 1 Mei 2020 menggantikan Komjen Suhardi Alius.

“Saya kembali ke Densus ini kan pulang ke rumah. Kalau dari sisi usia kepolisian, saya sudah memasuki usia purnatugas, pensiun,” kata Boy kepada CNNIndonesia.com, Jumat (31/3).

Boy juga mengatakan dirinya akan lebih banyak terlibat di lembaga-lembaga non-formal setelh pensiun.

“Tentu kalau sudah memasuki purnatugas, tidak di struktural atau tidak di lembaga formal. Jadi banyak di lembaga non-formal. Kalau di lembaga non-formal itu kan sebagai masyarakat biasa,” paparnya.

Untuk menggantikan Boy, Listyo menunjuk Komjen Rycko Amelza Dahniel menggantikan posisi Boy sebagai Kepala BNPT. Ia bakal dilantik Presiden Jokowi minggu depan.

Padahal, sebelumya pada mutasi terbaru, Kapolri memutasi Rycko dari posisi Kepala Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri menjadi Pati Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

(dmi/rds)



[Gambas:Video CNN]


Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Daftar Mutasi Besar Polri, dari 7 Kapolda Hingga Kepala BNPT” pada 2023-04-01 09:40:00

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *