• June 24, 2024 4:00 am

14 Anggota Militer Burkina Faso Tewas Diserang Teroris

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

SEBANYAK 4 tentara dan 10 sukarelawan tewas di Zorkoum, Burkina Faso oleh serangan teroris. Insiden pada Rabu (22/3) itu terjadi  bertepatan dengan kunjungan pemimpin militer negara itu.

Serangan terjadi di dekat kota Kaya dan menargetkan satu unit tentara dan anggota Relawan untuk Pertahanan Tanah Air (VDP). “Dengan sedih kami kehilangan empat tentara dan 10 sukarelawan. Di pihak musuh, sekitar 20 tentara dilumpuhkan,” kata seorang sumber.

Baca juga: Kelompok Gerilyawan Culik 50 Perempuan di Burkina Faso

Burkina Faso sedang memerangi pemberontakan yang meluas dari negara tetangga Mali pada 2015. Pemberontak di utara dan timur negara itu telah menambang jalan, mengepung kota, menghancurkan fasilitas air dan merusak upaya pengiriman makanan dan perbekalan kepada warga sipil yang terperangkap.

Lebih dari 10 ribu warga sipil, tentara, dan polisi tewas menurut perkiraan sebuah organisasi masyarakat. Sedikitnya dua juta orang telah mengungsi. Kemarahan di dalam militer atas kegagalan untuk menghentikan serangan menyebabkan dua kali kudeta pada tahun lalu.

Baca juga: PBB Minta Junta Militer Burkina Faso, Guinea dan Mali Serahkan Kekuasaan

 Pemimpin junta Kapten Ibrahim Traore telah mempertaruhkan sebagian besar strateginya di VDP untuk memulihkan situasi setelah dia berkuasa pada September tahun lalu. Anggotanya adalah sukarelawan sipil yang diberi pelatihan militer selama dua minggu dan kemudian bekerja bersama tentara, biasanya melakukan tugas pengawasan, pengumpulan informasi, atau pengawalan. (AFP/Z-6)

Artikel ini telah dimuat di mediaindonesia.com dengan Judul “14 Anggota Militer Burkina Faso Tewas Diserang Teroris” pada 2023-03-24 12:54:43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *