• July 24, 2024 7:07 pm
Kebakaran Depo Pertamina Plumpang sebelumnya terjadi pada 18 Januari 2009 pukul 21.15 WIB. Satu orang tewas akibat kejadian pada 2009 tersebut.

RadicalismStudies.org | Pusat Kajian Radikalisme dan Deradikasilisasi (PAKAR)

Jakarta, CNN Indonesia

Kebakaran hebat yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3), ternyata juga pernah terjadi sebelumnya, tepatnya pada Januari 2009.

Kebakaran itu terjadi pada 18 Januari 2009 pukul 21.15 WIB. Saat itu, satu petugas keamanan Pertamina tewas akibat insiden tersebut.

Berdasarkan laporan detikcom, api kala itu terus berkobar hingga pukul 05.15 WIB. Ukuran kobaran api kala itu bahkan sempat mencapai 100 meter.

Kobaran api itu perlahan mengecil seiring hujan yang terus mengguyur lokasi kejadian.

Susno Duaji yang kala itu masih menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, mengatakan, penyebab kebakaran berasal dari gesekan antara slot ukur dan alat pengambil sampel bahan bakar minyak (BBM).

Gesekan itu pun menimbulkan percikan api yang kemudian menyambar bensin pada tangki nomor 24.

Penyelidikan kebakaran itu melibatkan berbagai pihak, mulai dari ahli Forensik Bareskrim Polri, Pusat Identifikasi Bareskrim Polri, Kedokteran Forensik Polri dan RSCM, penjinak bom Gegana Brimob, Ditjen Migas ESDM, Pertamina, hingga Fakultas MIPA UI.

Pelibatan berbagai tim itu sendiri dilakukan lantaran insiden tersebut diduga akibat sabotase.

Sejumlah media saat itu melaporkan depo Plumpang meledak di tengah isu pergantian Dirut Pertamina Ari H Soemarno oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Rumor bahwa ledakan itu akibat ulah teroris juga merebak. Sebab sebelumnya, pada 21 Oktober 2009, Densus 88 membekuk teroris di Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang menargetkan depo Pertamina Plumpang.

Sementara itu, kebakaran yang terjadi pada Jumat kemarin sejauh ini telah menewaskan 17 orang dan melukai 50 orang.

Ratusan warga sampai harus mengungsi karena api melalap hingga dua kawasan rumah warga (RW).

(blq/wiw)



[Gambas:Video CNN]





Artikel ini telah dimuat di www.cnnindonesia.com dengan Judul “Depo Pertamina Plumpang Juga Pernah Kebakaran Hebat pada 2009” pada 2023-03-04 09:16:20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *