• April 16, 2024 11:32 am

BADAN Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyerukan pertahanan semesta kepada masyarakat di Tanah Air dalam melawan paham radikal, intoleransi dan terorisme melalui gerakan cinta NKRI.

“Kita lawan terorisme dengan pertahanan semesta dalam menghadapi ideologi terorisme. Salah satunya, melalui Warung NKRI,” ujar Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar dalam keterangannya, Minggu (6/11).

Pihaknya menyakini pertahanan semesta merupakan cara ampuh dalam melawan radikalisme maupun terorisme. Salah satu bentuk pertahanan semesta yang bisa dilakukan, yaitu melalui pendekatan soft approach.

Baca juga: Gus Yahya Jelaskan Hubungan Resolusi Jihad dan Hari Santri

“Dialog kebangsaan di Warung NKRI diyakini bisa melawan paham yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” imbuhnya.

Boy menekankan bahwa perang melawan virus radikalisme dan terorisme bukan hanya dengan menggunakan alutsista. Akan tetapi, uga dengan penguatan rasa cinta Tanah Air oleh setiap warga negara untuk meminimalisir potensi ancaman tersebut.

“Jadi kalau kita semua cinta NKRI, maka musuh negara yang namanya terorisme tidak akan pernah bisa datang dan menghinggapi seluruh elemen masyarakat,” pungkas Boy.

Baca juga: Pengamat: Waspadai Narasi Radikal Terorisme adalah Stigmatisasi Agama

Menurutnya, sosialisasi ideologi kebangsaan dan membangun gerakan cinta NKRI penting untuk terus dilaksanakan. Hal itu sebagai upaya melawan intoleran di tengah masyarakat.

BNPT pun mengajak masyarakat untuk melawan virus terorisme melalui wawasan kebangsaan. Serta, revitalisasi Pancasila, moderasi beragama, pembangunan kesejahteraan dan penguatan akar budaya bangsa.

Di samping itu, generasi muda baik pelajar, mahasiswa atau anggota organisasi kemasyarakatan, dapar menjadi garda terdepan untuk melawan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.(Ant/OL-11)


Sumber: Media Indonesia | BNPT: Pertahanan Semesta Cara Ampuh Lawan Terorisme

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *