• May 3, 2024 1:16 am

Shakhtar Donetsk Minta Iran Dicoret dari Piala Dunia 2022

KLUB Ukraina Shakhtar Donetsk, Selasa (26/10) WIB, mendesak FIFA mendepak Iran dari Piala Dunia 2022 karena diduga mendukung invasi Rusia ke Ukraina.

Kepala eksekutif Shakhtar Sergei Palkin menuduh Iran ‘Berperan serta langsung dalam serangan teroris terhadap Ukraina’ dan meminta Ukraina dijadikan pengganti Iran di ajang Piala Dunia 2022 di Qatar itu.

“Ini akan menjadi keputusan adil yang mesti menjadi pengingat bagi dunia mengenai sebuah rezim yang membunuhi orang-orang terbaiknya dan membantu membunuh warga Ukraina,” kata Palkin dalam sebuah pernyataan, sebelum timnya bermain melawan Celtic di laga Liga Champions, seperti dikutip ESPN.

Baca juga: Iran Kecam Penyelidikan Ekspor Pesawat Nirawak ke Rusia

Amerika Serikat (AS) mengaku memiliki bukti bahwa pasukan Iran ‘terlibat langsung di lapangan’ di Krimea dalam mendukung serangan drone ke berbagai infrastruktur dan penduduk sipil Ukraina.

Kepala dinas intelijen Ukraina Kyrylo Budanov, Sabtu (22/10), mengatakan Rusia telah menggunakan sekitar 330 drone Shahed buatan Iran.

Rusia dan Iran sama-sama menyangkal keberadaan drone-drone itu buatan Iran itu.

Iran akan mengawali petualangan mereka di Piala Dunia 2022 pada 21 November melawan Inggris, dan kemudian menghadapi Wales dan Amerika Serikat di Grup B.

Wales lolos setelah mengalahkan Ukraina di babak playoff, Juni lalu.

FIFA tak menanggapi permintaan Shakhtar itu, namun federasi sepak bola dunia itu telah menskor timnas Rusia akibat invasi di Ukraina dan melarang Rusia bermain di babak playoff kualifikasi Piala Dunia, Maret lalu.

FIFA biasanya hanya menangguhkan timnas ketika pemerintah negara itu ikut campur menjalankan federasi sepak bola nasionalnya. (Ant/OL-1)


Sumber: Media Indonesia | Shakhtar Donetsk Minta Iran Dicoret dari Piala Dunia 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *