• April 20, 2024 5:16 pm

Albania Putuskan Hubungan dengan Iran karena Serangan Siber

ALBANIA memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran pada Rabu (7/9). Perdana Menteri Edi Rama mengatakan dalam suatu pernyataan itu ketika ia menuduh Iran meluncurkan serangan siber besar-besaran terhadap negara itu pada musim panas ini.

“Dewan Menteri telah menetapkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Republik Islam Iran dengan segera,” kata Rama.

Ia menuduh Iran mengarahkan serangan siber terhadap lembaga-lembaga Albania pada 15 Juli dalam upaya melumpuhkan layanan publik serta meretas data dan komunikasi elektronik dari sistem pemerintah.

“Serangan tersebut gagal mencapai tujuannya. Kerusakan dapat dianggap minimal dibandingkan dengan tujuan penyerang. Semua sistem kembali beroperasi penuh dan tidak ada penghapusan data yang tidak dapat diubah,” tambah Rama.

Perdana menteri melanjutkan dengan mengatakan bahwa diplomat dan staf pendukung Iran memiliki waktu 24 jam untuk meninggalkan negara itu setelah pengumuman tersebut. Albania dan Iran telah menjadi musuh bebuyutan selama bertahun-tahun karena Tirana menerima kelompok oposisi Iran, Mujahidin Rakyat Iran (MEK), di tanahnya.

Ancaman dan konspirasi

Albania setuju pada 2013 untuk menerima anggota kelompok yang diasingkan atas permintaan Washington dan PBB. Ribuan orang menetap di negara Balkan itu selama bertahun-tahun.

Menyusul runtuhnya pemerintahan komunisnya pada awal 1990-an, Albania berubah menjadi sekutu setia AS dan Barat. Negara tersebut secara resmi bergabung dengan NATO pada 2009.

Baca juga: Iran Berkeras pada Empat Topik dalam Pembicaraan Nuklir

MEK mendukung Ayatollah Ruhollah Khomeini dalam revolusi 1979 yang menggulingkan Shah tetapi dengan cepat berselisih dengan otoritas Islam baru dan memulai kampanye selama puluhan tahun untuk menggulingkan rezim. MEK secara teratur menjadi tuan rumah pertemuan puncak di Albania yang telah lama menarik dukungan dari Partai Republik AS yang konservatif, termasuk mantan wakil presiden Mike Pence yang menyampaikan pidato utama di suatu acara pada Juni.

Sebulan kemudian, kelompok itu menunda pertemuan puncak lain dengan alasan ancaman keamanan yang tidak ditentukan yang menargetkan acara tersebut. KTT itu dibatalkan, “Atas rekomendasi oleh pemerintah Albania untuk alasan keamanan dan karena ancaman teroris dan konspirasi,” kata MEK dalam pernyataan yang dirilis pada akhir Juli.

Pertemuan itu seharusnya dihadiri atau diikuti secara online oleh berbagai delegasi politik terkemuka, termasuk ratusan anggota parlemen dari enam benua. Kelompok oposisi Iran di pengasingan menuduh Teheran menargetkan acara dan personel mereka selama bertahun-tahun.

Pada 2018, polisi Belgia menggagalkan serangan teroris yang seharusnya menargetkan demonstrasi oposisi Iran di luar Paris. Setelah itu seorang diplomat Iran dihukum karena memasok bahan peledak untuk plot tersebut. Albania telah mengusir sejumlah diplomat Iran dari negara Balkan selama bertahun-tahun, termasuk duta besar Teheran untuk negara itu pada Desember 2018. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Albania Putuskan Hubungan dengan Iran karena Serangan Siber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *