• April 24, 2024 7:02 am

Rusia Klaim Gagalkan Upaya Ukraina Merebut PLTN Zaporizhzhia

RUSIA mengklaim pasukannya telah menggagalkan upaya Ukraina untuk merebut pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia.

Rusia mengatakan upaya itu dilakukan dalam serangan yang dilancarkan oleh lebih dari 250 pasukan Angkatan Laut Ukraina yang berusaha mendarat di pinggiran danau dekat pabrik tersebut pada Jumat (2/9) malam.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukannya menggagalkan serangan itu dari helikopter militer dan jet tempur, hingga berhasil menghancurkan 20 kapal Ukraina dan menyebabkan yang lain berpencar dan membatalkan serangan.

“Meskipun perwakilan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) hadir di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, rezim Kiev sekali lagi berusaha untuk merebut pembangkit itu,” kata kementerian itu pada Sabtu (3/9) seperti dilansir Kantor Berita Reuters.


Baca juga: Eropa Krisis Energi saat Musim Dingin Imbas Sanksi Balasan Rusia


Dalam beberapa bulan terakhir, Kiev dan Moskow saling menuduh mengenai serangan terhadap pembangkit listrik Zaporizhzhia yang merupakan stasiun energi nuklir terbesar di Eropa.

Pembangkit tersebut direbut oleh pasukan Rusia pada Maret, tetapi masih terhubung ke jaringan listrik Ukraina dan masih dioperasikan oleh staf Ukraina.

IAEA mengirim misi ke PLTN Zaporizhzhia minggu ini di tengah kekhawatiran eskalasi dapat memicu bencana nuklir seperti Chornobyl di Benua Eropa.

Baik Rusia dan Ukraina telah mengatakan situasinya serius dan risiko bencana nuklir tinggi.

Ukraina dan Barat mengatakan Rusia menggunakan Zaporizhzhia sebagai pangkalan senjata berat dalam upaya untuk mencegah Kiev menembaki lokasi itu.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu pada Jumat membantah Rusia memiliki senjata berat di atau dekat pembangkit listrik, dan menuduh Ukraina melakukan ‘terorisme nuklir’ melalui serangannya terhadap fasilitas tersebut. (Ant/OL-16)

 


Sumber: Media Indonesia | Rusia Klaim Gagalkan Upaya Ukraina Merebut PLTN Zaporizhzhia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *