• April 27, 2024 2:27 am

Wakil Rektor IV UMJ Dilantik Sebagai Ketua Ikatan Alumni Pondok Pesantren Darunnajah Cipining

WAKIL Rektor IV Universitas Muhammadiyah Jakarta, Dr. Septa Candra dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Ikatan Keluarga Pondok Pesantren Darunnajah Cipining (IKPDC),  Jumat (2/9). 

Pelantikan Pengurus IKPDC periode 2022-2025 digelar di Balai Kota Jakarta dengan mengusung tema Alumni Kuat, Pesantren Hebat. 

Prosesi pelantikan disaksikan oleh jajaran Dewan Penasihat, Dewan Pakar, Kepala Biro Dikmental Provinsi DKI Jakarta, Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah dan alumni Pondok Pesantren Darunnajah Cipining dari seluruh angkatan. 

“Pondok Pesantren Darunnajah termasuk pondok pesantren yang telah melahirkan alumni-alumni yang saat ini sudah banyak menjadi pejabat di berbagai instansi. Hal itu membuktikan bahwa pondok pesantren tidak hanya memberikan pendidikan agama namun memberikan pendidikan karakter untuk menjadi pimimpin yang baik sesuai ajaran agama Islam,” ujar Kepala Biro Dikmental Provinsi DKI Jakarta Aceng Zaini

Aceng mengajak seluruh Alumni Darunnajah saling bersinergi, bergandengan tangan, dan berkontribusi bagi pembangunan DKI Jakarta.

Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Cipining yang diwakili oleh Ustaz Mukhlisin menyampaikan rasa bangganya kepada alumni yang hari ini dapat dilantik. Menurut Mukhlisin, pelantikan hari ini membuktikan kalau pondok pesantren bukanlah sarang teroris yang banyak ditakutkan orang-orang. 

“Salah satu ikrar alumni Ponpes Darunnajah yaitu menjadi pemimpin yang adil, dan bertanggung jawab terhadap agamanya. Ini membuktikan kalau santri hari ini adalah pemimpin masa depan,” tegas Mukhlisin.

Sementara itu, Septa Candra, mengatakan, Ikatan Keluarga Pondok Pesantren Darunnajah Cipining merupakan wadah dari pada silaturrahmi bagi alumni.

“Yang mana para alumninya tersebar diseluruh penjuru Indonesia dari sabang sampai Merauke yang saat ini sedang mengabdi pada profesinya masing-masing,” tandasnya.

Ia menambahkan, peran alumni pondok pesantren sangat kental dengan dakwahnya. Namun hal demikian tidak dapat dilakukan bila dilaksanakan sendiri-sendiri. Dibutuhkan wadah untuk menghimpun dakwah alumni agar selalu kuat dan dapat menyampaikan pesan, visi dan misi pesantren agar sampai kepada seluruh masyarakat.

Septa menjelaskan tema yang diangkat merupakan bentuk kepedulian alumni terhadap pesantren yang telah mendidik para santri. “Pesantren akan menjadi besar bila alumni yang telah meninggalkan pesantrennya masih ingat dengan pesantren, mau bersatu padu untuk menyampaikan dan menyebarluaskan ilmu yang telah didapatkan dipondok pesantren,” tandasnya.

Pondok pesantren Darunnajah Cipining telah berdiri sejak 1988 dan telah melahirkan 29 angkatan.  Santri Ponpes Darunnajah tersebar di seluruh Indonesia. Ada yang melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, adapula yang berwirausaha. Universitas Muhammadiyah Jakarta menjadi salah satu kampus tujuan bagi alumni Ponpes Darunnajah. 

Sebagai Ketua Umum IKPDC dan Warek IV UMJ, Septa berharap alumni Ponpes Darunnajah yang melanjutkan studi di UMJ dapat mengabdi pada masyasrakat dengan ilmu yang dimiliki. 

Selain itu, Septa berharap IKPDC dapat menjadi jembatan komunikasi antara alumni dengan pondok pesantren. (OL-8)


Sumber: Media Indonesia | Wakil Rektor IV UMJ Dilantik Sebagai Ketua Ikatan Alumni Pondok Pesantren Darunnajah Cipining

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *