• May 20, 2024 2:06 pm

Iran Sebut Klaim AS tentang Rencana Pembunuhan sebagai Fiksi

ByRedaksi PAKAR

Aug 19, 2016 , ,

IRAN menolak pada Kamis (11/8) tuduhan AS bahwa pihaknya merencanakan untuk membunuh mantan penasihat keamanan nasional Gedung Putih John Bolton sebagai pembalasan atas pembunuhan salah satu komandan utamanya. Republik Islam itu menganggapnya sebagai fiksi. 

Klaim AS datang pada saat genting dalam pembicaraan tentang menghidupkan kembali kesepakatan nuklir antara Iran dan negara-negara besar yang telah ditinggalkan Washington pada 2018 tetapi mengatakan ingin bergabung kembali. Iran sekarang sedang mempertimbangkan yang disebut oleh para mediator Uni Eropa sebagai teks final.

“Departemen Kehakiman AS telah membuat tuduhan tanpa memberikan bukti yang sah, menciptakan karya fiksi baru,” kata juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanani. “Kali ini mereka datang dengan plot yang melibatkan individu seperti Bolton yang karier politiknya telah gagal,” ejek Kanani.

“Republik Islam memperingatkan terhadap tindakan apa pun yang menargetkan warga Iran dengan menggunakan tuduhan konyol.” Pada Rabu, Departemen Kehakiman AS mengumumkan telah menghentikan rencana oleh anggota Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran untuk membunuh Bolton dengan menawarkan orang tak dikenal di Amerika Serikat senilai US$300.000 untuk melaksanakan pekerjaan itu.

Dugaan rencana itu kemungkinan ditetapkan sebagai pembalasan atas pembunuhan AS terhadap komandan Pengawal Qasem Soleimani di Irak pada Januari 2020, kata departemen itu. Plot, yang membentang dari Oktober 2021 hingga April tahun ini, tidak pernah membuat kemajuan karena pembunuh bayaran itu ialah informan Biro Investigasi Federal.

Namun dokumen pengadilan menunjukkan FBI membiarkan rencana itu terus mengumpulkan informasi tentang dalang Shahram Poursafi, seorang anggota pasukan elite Quds IRGC, dan tentang rencana Iran yang lebih luas, termasuk rencana lain untuk membunuh seorang mantan pejabat AS yang bahkan lebih menonjol, yang dilaporkan ialah mantan pejabat AS. Menteri Luar Negeri Mike Pompeo. Poursafi, yang diyakini masih berada di Iran, didakwa oleh Departemen Kehakiman dengan dua tuduhan terkait dengan merencanakan pembunuhan.

Pembicaraan nuklir dipertaruhkan 

Dalam wawancara Kamis dengan CNN, Bolton mengatakan plot yang dituduhkan mengungkapkan pendekatan Iran terhadap kebijakan luar negeri. “Yang penting untuk dipahami yakni seberapa rinci pekerjaan itu untuk mengirim saya ke luar, dan benar-benar sejauh mana pemerintah Iran telah memikirkan hal ini, terlibat dalam perencanaan,” katanya.

“Saya pikir sangat jelas bahwa bukan hanya mantan pejabat pemerintah yang dikejar Iran,” katanya. Tidak ada indikasi tuduhan AS akan berdampak pada upaya untuk memulihkan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) 2015, kesepakatan antara Iran dan negara-negara besar untuk membatasi program nuklirnya sehingga Teheran tidak mengembangkan senjata atom.

Dalam langkah yang telah diadvokasi oleh Bolton dan Pompeo, mantan presiden AS Donald Trump secara sepihak menarik diri dari pakta tersebut pada 2018, membuka jalan bagi Teheran untuk meningkatkan program nuklirnya. Presiden Joe Biden telah berusaha mengembalikan Amerika Serikat ke kesepakatan itu, menawarkan pelonggaran sanksi dengan imbalan Iran kembali ke kepatuhan penuh.

Namun kesepakatan akhir telah ditunda sejak awal tahun ini, menurut para pejabat, sebagian oleh permintaan Teheran agar Washington menghapus penunjukan resmi IRGC sebagai sponsor kegiatan teroris. Menjadi perantara negosiasi Wina, Uni Eropa baru-baru ini mengajukan rancangan perjanjian final kepada Amerika Serikat dan Iran untuk ditinjau.

“Tidak ada lagi ruang untuk negosiasi,” kata juru bicara blok itu, Peter Stano, Selasa. “Kami memiliki teks akhir. Jadi inilah saatnya untuk mengambil keputusan: ya atau tidak.”

Bolton mengatakan plot pembunuhan ialah alasan untuk menghindari kesepakatan dengan Teheran. “Saya pikir kita harus menempatkan omong kosong pada negosiasi ini dan menghadapi ancaman yang berkembang yang ditimbulkan Iran dan tidak mencoba untuk menenangkan mereka,” katanya kepada CNN.

Pilihan

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Vedant Patel mengatakan Kamis malam bahwa Washington sedang menunggu tanggapan Teheran atas rancangan perjanjian nuklir. “Kami dan Eropa telah menjelaskan bahwa kami siap untuk segera menyimpulkan dan mengimplementasikan kesepakatan yang kami negosiasikan di Wina untuk pengembalian bersama ke implementasi penuh JCPOA,” katanya kepada wartawan.

“Agar itu terjadi, Iran perlu memutuskan untuk membatalkan tuntutan tambahan mereka yang melampaui JCPOA. Pada akhirnya, pilihan ada di tangan mereka,” katanya. (AFP/OL-14)


Sumber: Media Indonesia | Iran Sebut Klaim AS tentang Rencana Pembunuhan sebagai Fiksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *