• August 15, 2022 11:30 pm

Biden Umumkan AS Berhasil Tewaskan Pemimpin Al-Qaeda di Afghanistan

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Selasa (2/8) WIB, mengumumkan ‘Negeri Paman Sam’ itu berhasil menewaskan Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahiri, salah satu teroris yang paling diburu di dunia dan terduga otak serangan teror 11 September 2001.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Biden mengatakan serangan dilancarkan militer AS di Kabul, Afghanistan pada Sabtu (30/7).

“Saya memberikan persetujuan akhir untuk menyerangnya,” tegas Biden sembari menambahkan tidak ada korban warga sipil dari serangan militer itu.

“Keadilan telah ditegakkan dan pemimpin teroris itu sudah tidak ada lagi,” lanjutnya.

Baca juga: Serangan Drone MQ-9 Tewaskan Pemimpin Senior Al-Qaeda di Suriah

Seorang pejabat senior AS mengatakan Zawahiri dibunuh di balkon sebuah rumah di Kabul dalam sebuah serangan drone tanpa menurunkan personel militer apa pun ke Afghanistan.

Pejabat itu menyebut keberadaan Zawahiri di ibu kota Afghanistan itu merupakan pelanggaran terhadap kesepakatan yang ditandatangani Taliban dengan AS di Doha pada 2020 yang menyebabkan ‘Negeri Paman Sam’ itu menarik diri dari Afghanistan.

Serangan itu merupakan serangan pertama yang dilancarkan AS terhadap target Al-Qaeda di Afghanistan sejak militer AS menarik diri dari negara itu pada 31 Agustus 2021.

Zawahiri, dokter bedah Mesir yang hidup nyaman di Kairo sebelum menjadi radikal, telah buron selama 20 tahun sejak serangan teroris 9/11 yang menewaskan hampir 3 ribu orang di AS.

Dia mengambil alih kepemimpinan Al-Qaeda setelah Osama bin Laden dibunuh pasukan khusus AS di Pakistan pada 2011. Zawahiri dihargai US$25 juta oleh pemerintah AS. (AFP/OL-1)

 


Sumber: Media Indonesia | Biden Umumkan AS Berhasil Tewaskan Pemimpin Al-Qaeda di Afghanistan

Leave a Reply

Your email address will not be published.