• March 28, 2024 8:56 pm

Kompolnas apresiasi banyak polwan mendapat promosi kali ini

ByRedaksi PAKAR

Jun 21, 2022
Kompolnas harapkan penggunaan "bodycam" ditingkatkan seluruh Indonesia

Diharapkan TR-TR selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak di antara mereka berprestasi.

Jakarta (ANTARA) – Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang memberikan promosi berupa kenaikan pangkat dan jabatan strategis kepada sejumlah polisi wanita (polwan).

Anggota Kompolnas Poengky Indarti di Jakarta, Selasa, mengatakan promosi dan penempatan jabatan strategis yang diterima oleh sejumlah polwan kali ini sebagai bukti kesungguhan Kapolri terhadap isu pengarustamaan gender di Korps Bhayangkara.

“Kompolnas mengapresiasi surat telegram Kapolri baru yang memberikan ruang atau memberikan posisi-posisi strategis kepada perempuan, polwan,” kata Poengky ketika merespons surat telegram rahasia Kapolri yang diumumkan pada hari Selasa.

Kapolri menerbitkan lima telegram rahasia (TR), yakni ST/1213/VI/KEP./2022, ST/1214/VI/KEP./2022, ST/1215/VI/KEP./2022, ST/1216/VI/KEP./2022 dan ST/1217/VI/KEP./2022 ditanggani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM tertanggal 20 Juni 2022. Dalam surat telegram mutasi tersebut, terdapat sejumlah nama polwan yang mendapat promosi jabatan serta kenaikan pangkat.

Salah satunya Brigadir Pol. Juansi yang mendapat promosi kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang dua (irjen polisi. Ia juga dipromosikan dalam jabatan sebagai widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Selanjutnya, Kombes Pol. Nurul Azizah dipromosikan menjadi Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri menggantikan Kombes Pol. Gatot Repli Handoko yang mendapat promosi bintang satu menjadi Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri.

Terdapat dua polwan lain di satuan kewilayahan yang mendapat kenaikan pangkat menjadi kombes polisi, yakni AKBP Siti Nur Imanta yang menjabat Karumtik Tk 2 Bandung Polda Jawa Barat dan AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kepala Bidang Keuangan (Kabidkeu) Polda Banten.

Tiga kombes lain juga dipercaya sebagai kepala bidang di masing-masing wilayahnya, yakni Kombes Pol. Endang Sri Wahyu Utami sebagai Kabidkeu Polda Bali, Kombes Pol. Heni Kresnowati sebagai Kabidkeu Polda Jawa Barat, dan Kombes Pol. Yuliani sebagai Kabidkum (Kepala Bidang Hukum) Polda Banten.

Poengky menyebutkan banyak perwira menengah polwan yang kinerjanya mendapat apresiasi di telegram rahasia Kapolri itu. Hal ini sebagai bukti kesungguhan Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender.

“Kami juga apresiasi ada banyak kombes dan AKBP yang diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Ini kesungguhan dari Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender di Polri dan ini sangat positif,” kata Poengky.

Poengky berharap Kapolri saat menerbitkan surat telegram berikutnya yang mempromosikan lebih banyak lagi polwan.

Menurut dia, tidak sedikit polwan yang berhasil menoreh prestasi, yang tak kalah prestisius dengan polisi laki-laki.

“Kami harap dalam TR-TR selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak dari mereka yang juga berprestasi,” ujar Poengky.

Baca juga: Kapolri beri promosi dan kenaikan pangkat sejumlah polwan

Baca juga: Kapolri memutasi sejumlah kapolda hingga perwira tinggi

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Sumber: Antara News | Kompolnas apresiasi banyak polwan mendapat promosi kali ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *