• June 30, 2022 2:07 pm

Dankor Brimob Anang Revandoko Resmi Sandang Komjen Bintang Tiga

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar istri-istri anggota TNI-Polri tidak asal mengundang penceramah agama atas nama demokrasi.
Jakarta, CNN Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi memberikan kenaikan pangkat terhadap Irjen Anang Revandoko sebagai Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) yang dijabat oleh perwira tinggi (Pati) dengan pangkat Komisaris Jenderal.

Kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi itu juga diberikan kepada Wakil Komandan Korps Brimob (Wadankor Brimob) dan Kepala Biro Renmin Ops Brimob.

Dalam surat telegram yang diterbitkan Listyo, tidak ada perubahan nama pejabat yang memimpin Korps Brimob tersebut.

“Penguatan organisasi di kepolisian dalam TR-nya sama Dankor Brimob tetap Irjen Anang Revandoko duduki jabatan pati bintang tiga. Wadankor naik pati bintang dua. Dan Kabag Renmin menjadi Karo Renmin Ops diduduki Kombes Rudi Hariyanto akan menjadi Brigjen,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (21/6).

Selain penguatan pada Korps Brimob, Kapolri juga memberikan kenaikan pangkat terhadap posisi Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Polri yang saat ini akan dijabat oleh pati berpangkat Irjen. Sebelumnya, posisi itu diemban oleh Brigjen.

Jabatan tersebut tetap akan dipegang oleh Brigjen Asep Hendradiana. Otomatis, dia akan mendapat kenaikan satu pangkat lebih tinggi menjadi Irjen.

“Cukup banyak termasuk TR mutasi dalam rangka pensiun. Pati bintang dua, pati bintang satu dan para pamen yang pensiun, kombes-kombes pun dimasukkan dalam mutasi pada hari ini,” jelasnya.

Penguatan organisasi Brimob ini merupakan rencana yang digodok oleh Listyo sejak tahun lalu. Ia sempat menyinggung bahwa penguatan perlu dilakukan jelang tahun politik 2024 nanti.

Presiden pun menyetujui usulan itu. Peraturan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 52 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kepolisian Negara RI menjadi dasar hukumnya. Beleid itu ditetapkan dan diundang pada 7 April 2022.

Saat melakukan proses penguatan organisasi di Mako Brimob, Depok, Listyo menyebut peranan satuan tugas itu penting bagi Indonesia untuk mengamankan berbagai proyek strategis nasional dan untuk pengembangan industri. Oleh sebab itu penguatan organisasi perlu dilakukan.

Jenderal bintang empat itu pun menyinggung masalah keamanan di wilayah Papua yang hingga saat ini masih mendapat gangguan dari kelompok kriminal bersenjata (KKB). Selain itu, masih tersisa dua buronan dari kelompok teroris Majelis Indonesia Timur (MIT) di Poso yang dapat mengancam keamanan.

Belum lagi, kata dia, belakangan muncul berbagai isu penolakan daerah otonomi baru (DOB) yang kemudian berujung pada unjuk rasa di berbagai daerah. Polisi, kata dia, perlu melakukan antisipasi terhadap aksi-aksi yang berujung anarkis.

“Oleh karena itu dibutuhkan perkuatan personel dan sistem pengamanan yang terintegrasi untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” tambah dia.

(mjo/wis)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Dankor Brimob Anang Revandoko Resmi Sandang Komjen Bintang Tiga

Leave a Reply

Your email address will not be published.