• June 27, 2022 12:59 am

Polri Dalami 23 Kantor Wilayah Khilafatul Muslimin, Densus Diterjunkan

Sebanyak 23 kantor wilayah Khilafatul Muslimin didalami oleh Polri terkait dugaan tindak pidana makar yang dilakukan pimpinannya.
Jakarta, CNN Indonesia

Sebanyak 23 kantor wilayah Khilafatul Muslimin di berbagai daerah tengah dalam ‘incaran’ Polri. Beberapa kantor sudah digeledah setelah pimpinan mereka ditangkap karena ada indikasi pidana seperti kantor di Lampung hingga Klaten. 

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan unsur dari polres, polda, hingga back up dari Mabes Polri dan Detaseman Khusus 88 diturunkan. 

“Semuanya didalami, ada 23 kantor wilayah kelompok Khilafatul Muslimin itu lagi di dalami oleh teman-teman, baik dari Polres, Polda, termasuk backup Mabes Polri, Densus 88 dalam rangka kasus tersebut,” kata Dedi saat ditemui di Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Sabtu (11/6).

Dedi merinci 23 kantor Khilafatul Muslimin itu juga tersebar hingga Kalimantan dan Sulawesi. Ia mengatakan kepolisian setempat tengah melakukan pemetaan terhadap kelompok tersebut di wilayahnya masing-masing.

Hasil pemetaan itu, lanjut dia, akan dikoordinasikan dengan pihak Polres dan Polda setempat untuk didalami lebih lanjut.

“Melakukan pendalaman sejauh mana keterlibatan kelompok dalam rangka menyebarkan paham-paham yang bertentangan dengan UU termasuk tindakan-tindakan lain yang membuat suatu kegaduhan di masyarakat,” kata Dedi.

Di sisi lain, Dedi menjelaskan aksi yang dilakukan kelompok Khilafatul Muslimin selama ini sifatnya mencari momentum. Polisi selama ini telah memantau kegiatan kelompok tersebut selama tak melakukan aksi yang membuat kegaduhan di tengah masyarakat.

“Tentunya ketika melakukan aksi suatu kegaduhan di masyarakat berupa konvoi membagikan, menyebarkan di Medsos nah itu sudah mengganggu persatuan dan kesatuan NKRI,” kata dia.

Sebagai informasi, pimpinan tertinggi kelompok Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja telah ditangkap Polda Metro Jaya dan ditetapkan tersangka pada Selasa (7/6) lalu.

Baraja disebut mendukung khilafah melalui aksi konvoi kendaraan motor serentak di Pulau Jawa. Polisi menyampaikan Baraja ditangkap juga diduga terkait tindakan provokasi, penyebaran berita bohong terhadap pemerintahan sah, dan mempromosikan khilafah sebagai solusi untuk mengganti ideologi negara.

Berangkat dari kasus ini, Polisi melakukan penyegelan terhadap kantor pusat kelompok Khilafatul Muslimin yang berada di Lampung. Polisi juga telah melakukan penangkapan pengurus di beberapa wilayah.

Pihak kelompok Khilafatul Muslimin sebelumnya telah membantah bahwa kelompok mereka berupaya mengganti Pancasila dengan Khilafah.

(rzr/sur)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Polri Dalami 23 Kantor Wilayah Khilafatul Muslimin, Densus Diterjunkan

Leave a Reply

Your email address will not be published.