• June 30, 2022 1:49 pm

Gempa Sulbar: 17 Luka 7 Ribu Warga Mengungsi

GEMPA bumi dengan magnitudo 5,8 di laut pada jarak 26 kilometer arah Barat Tapalang Barat, Mamuju, Sulawesi Barat, menyebabkan kerusakan beberapa bangunan, dan belasan orang terluka dan kurang lebih 7.650 warga Kabupaten Majene mengungsi, Rabu (8/9)

Abdul Muhari, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Kamis (9/6) mengungkapkan, dari laporan yang diterimanya, sejam malam, warga mulai mendirikan tenda darurat menggunakan terpal berwana biru dan oranye di beberapa titik tak jauh dari permukiman mereka, di pelataran Masjid Deking dan di SMK Kota Tinggi.

“Hal serupa juga dilakukan oleh para warga Kabupaten Mamuju karena khawatir terjadi gempa bumi susulan dan potensi ancaman tsunami. Pantauan visual dari lapangan ada tiga titik pengungsian warga yakni di Stadion Mamuju, Kantor Bupati Mamuju dan Kantor TVRI Sulawesi Barat di Mamuju. Jumlah warga yang mengungsi sementara ada sebanyak 7.670 jiwa,” urai Muhari.

Baca juga: 39 Warga OKU Timur yang Tergabung NII Kini Sudah Sadar

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Barat melaporkan sebanyak 17 warga mengalami luka-luka setelah terkena material reruntuhan bangunan Gedung PKK, Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, ketika gempa bumi terjadi. Saat ini, para warga yang terluka telah telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Mamuju.

Saat ini, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto sudah berada di Kabupaten Mamuju, sebagai wujud respon cepat pemerintah pusat untuk memastikan penanganan darurat bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Provinsi Sulawesi Barat berjalan dengan baik. (OL-4)


Sumber: Media Indonesia | Gempa Sulbar: 17 Luka 7 Ribu Warga Mengungsi

Leave a Reply

Your email address will not be published.