• July 2, 2022 12:18 am

Pemimpin Khilafatul Muslimin Ditangkap, Polri Buru Pihak Lain

Pemimpin Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap usai salat subuh di Lampung. Polisi masih mendalami keterlibatan pihak lain.
Jakarta, CNN Indonesia

Mabes Polri masih mendalami keterlibatan pihak lain setelah penangkapan pemimpin Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja oleh Polda Metro Jaya.

“Polda Metro Jaya dibantu Bareskrim Polri, dan Polda Lampung saat ini mendalami beberapa orang,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (7/6).

Dedi mengatakan terbuka kemungkinan pihaknya akan kembali menangkap orang-orang yang diduga terlibat aktif dalam gerakan khilafah tersebut.

Dedi menjelaskan salah satu proses pengembangan yang tengah dilakukan ialah mengumpulkan seluruh alat bukti dan petunjuk yang ada.

“Kemungkinan akan bisa bertambah untuk tersangkanya. Seluruh barang bukti saat ini sedang dikumpulkan oleh para penyidik, tentunya ini akan dilakukan pengembangan,” ujarnya.

Ditangkap Usai Salat Subuh

Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap polisi usai melaksanakan salat subuh di masjid yang berada di sekitar kantornya, di Jalan WR Supratman, Bumi Waras, Telukbetung, Kota Bandarlampung, Lampung, sekitar pukul 05.30 WIB, Selasa.

Penangkapan itu dipimpin langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya (PMJ), Kombes Hengki Haryadi serta dibantu petugas Polda Lampung dan Polresta Bandarlampung.

Selanjutnya, dia dibawa ke Polresta Bandarlampung untuk diperiksa sementara.Tim Polda Metro Jaya ada yang melakukan pemeriksaan dan penggeledahan di Kantor Pusat Khilafatul Muslimin.

Polda Metro Jaya mengklaim penangkapan terhadap Abdul Qadir sudah sesuai dengan prosedur.

“Yang bersangkutan kita tangkap tentunya sesuai dengan SOP dan juga kita lakukan secara humanis dengan juga libatkan Forkopimda dari Bandar Lampung,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E. Zulpan.

Kendati demikian, saat ditanya barang bukti apa saja yang turut disita saat penangkapan, Zulpan belum membeberkannya.

Dia hanya menyampaikan saat ini Abdul sedang dalam perjalanan ke Jakarta dan diperkirakan tiba sekitar pukul 14.00 WIB atau 15.00 WIB.

“Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan,” ucap Zulpan.

Menurut Zulpan, penangkapan ini terkait dengan konvoi khilafah di Cawang, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. Namun, dia masih belum menjelaskan terkait status hukum dari Abdul.

(tfq/zai/dis/pmg)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: CNN Indonesia | Pemimpin Khilafatul Muslimin Ditangkap, Polri Buru Pihak Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published.